Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Install Cinnamon Desktop di Linux Debian

Gnome 3 tidak pernah mendapatkan tempat di desktop para pengguna Linux. Itu bahkan sudah terjadi sejak kali pertama desktop environment dengan antarmuka yang disebut Gnome Shell ini dirilis. Karena hal ini beberapa desktop environment alternatif bermunculan. BlankOn mengembangkan BlankOn Panel, Ubuntu dengan Unity, Linux Mint memulai proyek bernama Cinnamon, dan sebuah fork atas Gnome 2 bernama MATE. Cinnamon yang dirilis bersamaan dengan Linux Mint 12 cukup berhasil menarik perhatian para Linuxer. Cinnamon sendiri sebenarnya bukanlah desktop environment baru, ia dikembangkan di atas Gnome 3 dengan rasa Gnome 2 a la Linux Mint.
Installer Cinnamon sudah tersedia untuk beberapa distro dan dapat diunduh dari situs resminya. Sayangnya tidak ada nama Debian di sana, walaupun kita bisa saja mencoba peruntungan menggunakan paket deb untuk Ubuntu. Cara lain yang lebih beresiko adalalah melakukan instalasi dari kode sumber (compile from source code). Cara ini yang akan kita coba.Sudah siap? Mari kita mulai.
Karena kita akan melakukan instalasi dari kode sumber , silakan unduh dahulu source code Cinnamon 1.2 dari github.
cd Downloads
wget https://github.com/linuxmint/Cinnamon/zipball/1.2
Boleh percaya, boleh tidak tapi Cinnamon ini membutuhkan banyak sekali dependency. Berikut paket-paket yang harus dipasang sebelum melakukan kompilasi.
libglib2.0-dev libdbus-glib-1-dev libxml2-dev libgtk-3-dev libfolks-dev libmutter-dev libgjs-dev libgnome-menu-3-dev libgconf2-dev libgdk-pixbuf2.0-dev libsoup2.4-dev libclutter-1.0-dev libstartup-notification0-dev gobject-introspection libcanberra-gtk3-dev libtelepathy-glib-dev libtelepathy-logger-dev libpolkit-agent-1-dev libxfixes-dev libnm-glib-dev libnm-util-dev libgnome-keyring-dev
aptitude install libgnome-desktop-3-dev libcroco3-dev libpulse-dev libecal1.2-dev libedataserver1.2-dev gir1.2-accountsservice-1.0 gir1.2-caribou-1.0 gnome-common libedataserverui-3.0-dev
Mari kita lanjut dengan mengekstrak dan melakukan kompilasi kode sumber Cinnamon. Jalankan semua perintah berikut sebagai root.
unzip linuxmint-Cinnamon-1.1.3-0-g7717051.zip
cd linuxmint-Cinnamon-dae5da1
./autogen.sh
make
make install
Jika tidak ada error selama proses-proses di atas, artinya instalasi Cinnamon berhasil. Sekarang waktunya menjalankan Cinnamon untuk menggantikan desktop kita.
cinnamon --replace --sm-disable
Cinnamon berjalan dengan sukses. Berikut tangkapan layarnya.
Sebagai catatan tambahan, Cinnamon tidak pernah berhasil dijalankan dari Gnome 3. Sepertinya ia lebih menyukai LXDE. Sebagai bonus, di bawah ini adalah tangkapan layar Cinnamon di Debian GNU/Linux.

7 komentar:

  1. di squeeze bisa gak mas.?

    BalasHapus
  2. mas.. nanya yah
    bisa di squueze gak nih trik ?

    ini di wheezy yah?

    thx..

    BalasHapus
  3. Harusnya sih ga masalah gan, langsung aja dicoba

    BalasHapus
  4. hohohoho
    seng tak cari ini kemaren tapi gak sempat install dan harus pulang

    btw blogspotnya udah terkenal nih di mbah google :)

    BalasHapus
  5. Belum terlalu terkenal, masih di page ke sekian...

    BalasHapus
  6. mas, kalo boleh tahu reponya apa ya ? soalnya di repoku ada beberapa lib yang g terdeteksi.

    BalasHapus
  7. Saya pake repo standar aja, dari kambing tapi sudah saya unduh dulu ke hdd di laptop.

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: