Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mencetak Poster di Linux Menggunakan Posterazor

Seandainya punya gambar poster (dalam bentuk digital) atau pengumuman berukuran sangat besar dan hendak dicetak, apa yang akan Anda lakukan? Kalau hendak dicetak di satu kertas A4 pastinya tidak akan jadi poster karena kekecilan. Di Linux, bisa distro apa saja (Linux Mint, Ubuntu, BlankOn, atau Debian), ada satu aplikasi yang dapat kita gunakan untuk mencetak gambar berukuran sangat besar. Nama aplikasinya Posterazor. Aplikasi ini memungkinkan kita mencetak satu gambar di beberapa kertas dengan cara memotong-motongnya.
Posterazor sudah tersedia di repo Debian dan kemungkinan besar juga di Ubuntu, Linux Mint, dan BlankOn. Instalasinya dapat dengan mudah kita lakukan dari terminal:
aptitude install posterazor
Selanjutnya Posterazor dapat diakses dari menu Applications->Graphics. Saat pertama kali menjalankan aplikasi ini kita harus memilih gambar yang akan dicetak.

Kemudian kita tentukan ukuran kertas, orientasi, dan batasan dari tepi kertas.
Selanjutnya kita atur ukuran kertas yang nantinya akan saling menindih ketika ditempel di majalah dinding misalnya.
Di pengaturan berikutnya, kita tentukan berapa banyak gambar akan dipotong-potong menjadi bagian-bagian terpisah.
Terakhir, kita simpan poster yang telah dipotong-potong ke dalam bentuk PDF dan siap untuk dicetak.
Jadi mulai sekarang tidak perlu bingung lagi kalau harus mencetak poster berukuran besar menggunakan Linux. Ada Posterazor :-)

2 komentar:

  1. Wah artikel yang sangat bermanfaat, ternyata linux masih powerfull dalam urusan cetak mencetak, gak kalah sama si OS Jendela.

    BalasHapus
  2. Pastinya gan, Linux itu sistem operasi murah tapi ga murahan

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: