Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Preview Ubuntu 12.04 Alpha 2 Precise Pangolin

Tim pengembang Ubuntu menghadapi tugas berat untuk melakukan perbaikan pada antar muka lingkungan desktop Unity yang telah dipilih untuk menggantikan Gnome 2. Jika Canonical tidak ingin basis penggunanya digerus oleh Linux Mint yang semakin populer dengan lingkungan desktop Cinnamon yang lebih mirip Gnome 2, mereka harus menjadikan Unity lebih ramah pengguna dan lebih mudah digunakan. Di tengah tren menurunnya popularitas Ubuntu, tim pengembang dan Canonical telah merilis versi Alpha 2 dari Ubuntu 12.04 yang diperkirakan akan dirilis bulan April 2012. Apa saja yang baru di rilis awal sebelum rilis akhir ini? Mari kita coba intip satu per satu.
Boot Splash
Kita mulai dari sisi paling luar, penampilan pertama yang akan dinikmati pengguna ketika mencoba Ubuntu Live CD. Sepertinya Canonical tidak banyak melakukan perubahan di boot splash, di rilis Ubuntu 12.04 Alpha 2 masih tampak seperti biasa.
Sebelum masuk desktop, pengguna diberi pilihan untuk mencoba desktop di mode live cd atau langsung melakukan instalasi. Proses instalasi akan kita coba nanti, jadi preview ini kita lakukan secara live cd.
Desktop
Unity masih terlihat sama seperti di rilis Ubuntu sebelumnya. Launcher ditempatkan di sebelah kiri dan akan tersembunyi secara otomatis ketika ada aplikasi dibuka.
Aplikasi yang tidak terdapat di launcher dapat di akses dari Dash dengan mengklik logo Ubuntu di pojok kiri atas launcher.
Dash dapat digunakan untuk pencarian cepat aplikasi baik yang sudah terinstall di sistem ataupun tersedia di Ubuntu Software Center.
Selain itu Dash juga dapat digunakan untuk pencarian berkas di sistem. Tersedia berbagai kategori dan filter untuk mempermudah pencarian berkas di Ubuntu.
Atau bahkan mencari musik berdasarkan genre dan dekadenya.
Aplikasi 
Ubuntu selalu menyediakan aplikasi paling baru untuk para penggunanya. Di rilis Ubuntu 12.04 Alpha 2 ini misalnya Canonical menggunakan kernel Linux versi 3.2.0. Di jajaran aplikasi, Firefox 10 yang baru saja dirilis tidak ketinggalan disertakan.
Peramban berkas Nautilus yang dibawa adalah versi 3.3.4.
LibreOffice 3.5.0 Beta 2 yang disertakan tampak belum padu dengan lingkungan desktop Unity. Mungkin kelak suatu saat Canonical akan memutuskan untuk membuat aplikasi office sendiri juga :-)
Sementara Ubuntu Software Center mungkin menjadi salah satu keunggulan Ubuntu 12.04. Aplikasi ini tampak seperti application market di perangkat bergerak semacam smartphone.
Aplikasi lainnya yang disertakan di Ubuntu 12.04 Alpha 2 Precise Pangolin:
  • Shotwel Photo Manager
  • Gwibber Social Client
  • Rhythmbox Music Player
  • Empathy Internet Messaging
  • Ubuntu One
Ya, itulah sekilas penampakan di Ubuntu 12.04 Alpha 2. Ada kemungkinan apa yang kita lihat sekarang akan berbeda dengan rilis final nantinya. Apalagi waktu pengembangan menuju rilis final Ubuntu 12.04 masih cukup lama. So, stay tune untuk menunggu kabar selanjutnya dari Ubuntu 12.04.

2 komentar:

  1. mantab gan, review menarik

    BalasHapus
  2. repotmah klo semangat ....for human being, buat os yang pas untuk manusia dengan mencukupi semua maunya..

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: