Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Remmina Remote Desktop Client Untuk Linux

Kebanyakan pengguna Linux bekerja sebagai syadmin. Alasannya sederhana, Linux banyak digunakan di server-server perusahaan besar maupun kecil. Salah satu pekerjaan utama sysadmin melakukan perawatan pada server-server yang ia kelola, kebanyakan dilakukan secara remote. Di Linux terdapat banyak pilihan aplikasi untuk perkerjaan remote, salah satunya Remmina Desktop Client. Remmina dikembangkan menggunakan framework GTK+ dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License (GPL). Kemampuan Remmina masih dapat ditambahkan dengan plug in yang dirilis terpisah dari program utama.
Fitur
Remmina mendukung cukup banyak protokol untuk urusan remote-meremote. Protokol utama yang sudah didukung hingga saat ini adalah RDP, SSH, VNC, XDMCP, dan SFTP. Tiap koneksi ke satu server dapat disimpan dan akan ditampilkan lengkap dengan logo yang mewakili protokol bersangkutan.
Fitur lain yang mungkin akan disukai banyak Linuxer di aplikasi ini tentu saja kemampuannya untuk menampilkan server-server yang sedang di-remote dalam saju jendela tab, mirip seperti Firefox. Fitur ini akan mengurangi banyaknya jendela yang terbuka ketika me-remote lebih dari satu server.
Khusus untuk protokol RDP, Remmina menyediakan fitur untuk remember password, pengaturan resolusi, kedalaman warna, dll. Pengaturan ini dapat dibuat dan disimpan ketika mendefinisikan server baru, atau diubah sewaktu-waktu.
Di protokol SSH, Remmina mendukung autentikasi menggunakan password dan public key secara otomatis atau ditentukan sendiri. Pengguna juga dapat menentukan program yang akan otomatis dijalankan ketika login ke server.
Instalasi 
Distribusi Debian sudah memasukkan Remmina di repositori, sehingga instalasi dapat dilakukan dengan satu perintah dari terminal.
aptitude install remmina
Instalasi juga dapat dilakukan dengan kompilasi kode sumber. Hingga saat ini rilis terbaru Remmina sudah mencapai versi 0.9.2. Sayangnya kalau diperhatikan di situsnya, update terakhir tahun 2010. Semoga saja aplikasi ini tetap dikembangkan oleh developernya.

1 komentar:

  1. sekarang udah update gan ke versi 1.0.0 bulan januari 2012..

    cyber-newtron

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: