Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tips dan Trik: VirtualBox Shared Folders

Saat menggunakan VirtualBox, ada kalanya kita ingin mengakses file di host machine dari guest machine. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, 1) NFS, 2) Samba, 3) FTP, 4) SSHFS. Semua cara tersebut membutuhkan instalasi server tambahan yang cukup ribet dan mungkin akan membuat bulu kuduk berdiri. Untungnya VirtualBox sudah menyediakan satu cara yang sederhana, sebuah fitur bernama Shared Folders. Dengan bantuan VirtualBox Shared Folders, berbagi file antara host dan guest machine menjadi sangat mudah.
Cara menggunakan shared folders di VirtualBox sangat gampang, dari jendela utama VirtualBox pilih virtual machine yang akan mengakses file di host machine. Klik tombol Settings begambar gigi roda di deretan toolbar. Seperti tampak di gambar berikut.
Di jendela Settings pilih 'Shared Folders' pada panel sebelah kiri paling bawah. Untuk menambahkan folder baru dari yang akan dibagikan ke guest machine, klik tombol dengan ikon folder dan tanda tambah di pojok sebelah kanan jendela pengaturan Shared Folders.
Tentukan folder yang akan diakses dari virtual machine. Atur juga apakah folder ini dapat ditulisi atau tidak, otomatis dikaitkan saat sistem operasi dihidupkan atau harus dikaitkan secara manual. Klik OK jika sudah selesai.
Hidupkan virtual machine atau reboot jika sebelumnya sudah hidup. Folder tadi kini sudah dapat diakses dari virtual machine menggunakan Nautilus layaknya file di harddisk lokal. Lokasinya ada di bawah direktori /media.
Sayangnya folder-folder ini selalu read only walaupun di pengaturan Shared Folders sudah diberikan akses penuh baik baca maupun tulis. Trik untuk mengatasi masalah ini dengan menjalankan Nautilus sebagai root.
 
Bagaimana, tips dan triknya gampang kan?

2 komentar:

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: