Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Instalasi VirtualBox Guest Addition di Fedora Linux

VirtualBox guest addition menyediakan integrasi yang lebih baik antara host dan guest. VirtualBox guest addition juga dapat meningkatkan performa sistem operasi guest. VirtualBox guest addition sesuai dengan namanya harus di-install di dalam sistem operasi yang dipasang sebagai virtual machine (guest). VirtualBox guest addition terdiri atas driver dan aplikasi sistem untuk meningkatkan performa dan kegunaan sistem guest. Fitur-fitur yang ditawarkan VirtualBox guest addition seperti integrasi pointer mouse, berbagi folder, dukungan video yang lebih baik, sinkronisasi waktu, login otomatis, dll.

Pengguna VirtualBox edisi open source yang biasa disertakan di repo berbagai distro Linux harus mengunduh ISO VirtualBox guest addition sebelum melakukan instalasi. Sedangkan pengguna VirtualBox yang mengunduh installer dari Oracle dapat langsung meng-install guest addition setelah menghidupkan sistem operasi guest. Caranya klik menu Devices lalu pilih Install Guest Additions.

Di desktop sistem operasi guest, dalam hal ini Fedora 16, akan muncul pilihan untuk CD-ROM virtual yang baru saja dimasukkan. Pilih salah untuk membukanya menggunakan file manager Nautilus.
ISO VirtualBox guest addition berisi installer untuk semua sistem operasi yang didukung oleh VirtualBox.
Untuk melakukan instalasi di Fedora 16, buka sebuah terminal lalu masuk sebagai root. Kemudian jalankan skrip instalasi untuk Linux.
Untuk hasil yang maksimal, pastikan kode sumber atau biasa dikenal sebagai header dari kernel yang digunakan ter-install di sistem operasi guest.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: