Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cara Install Codec MP3, Microsoft Fonts, dan DVD Playback Di Ubuntu 13.04

Instalasi default Ubuntu 13.04 tidak menyertakan dukungan untuk MP3, Microsoft fonts, dan DVD playback. Hal ini disebabkan format-format tersebut memiliki copyright dan di beberapa negara dapat dikategorikan sebagai pelanggaran hukum. Jadi tidak perlu panik saat pertama kali menggunakan Ubuntu kalau MP3 yang coba kita putar hanya diam membisu. Kita harus terlebih dulu memasang codec MP3 yang sudah dipaketkan bersama fonta dari Microsoft, dan beberapa perangkat lunak yang termasuk kategori restricted.

Instalasi Codec MP3


Sebenarnya kita dapat memasang codec MP3, dukungan DVD, dan fonta Microsoft satu per satu. Namun Ubuntu sudah menyediakan paket bernama Ubuntu restricted extras yang sudah membundel semuanya menjadi satu.
Ubuntu restricted extras

Untuk memasang paket ini, jalankan Ubuntu Software Center kemudian cari paket dengan kata kunci restricted. Klik pada nama paket lalu klik tombol Install untuk memulai proses instalasi.
Install MP3 Codec Ubuntu

Sebelumnya pastikan PC/laptop sudah tersambung ke Internet. Jangan menutup Software Center selama progress bar belum selesai.
Install dukungan MP3 Ubuntu

Konfigurasi Font Microsoft


Saat instalasi berlangsung, kita harus menyetujui EULA dari Microsoft untuk melanjutkan instalasi font dari paket ini. Centang pertanyaan Do you accept the EULA license terms? lalu klik Forward.
Install font Microsoft

Sekarang cobalah untuk klik dua kali pada file MP3 untuk memainkannya menggunakan MP3 player. Seharusnya kita sudah mendengar bunyi merdu suara si penyanyi. Selamat menikmati musik!

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: