Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cara Mudah Instalasi Rawstudio di Ubuntu Linux

Sebagai seorang fotografer pemula dan Linuxer, saya sering sekali mengalami kesulitan untuk mengolah gambar yang saya potret dalam bentuk RAW image. Hal ini terutama karena saya masih menggunakan Ubuntu 10.04 yang sudah cukup uzur. Distro ini sebenarnya datang dengan Shotwell photo manager. Sayangnya di versi Ubuntu 10.04 belum mampu melakukan editing RAW image. Saya sempat mencoba GIMP dengan plugin UFRAW namun hasilnya sangat buruk karena image yang dimuat hanya separuhnya.

Dalam keputusasaan pencarian RAW editor ini akhirnya saya menemukan Rawstudio. Menurut beberapa review di blog dan forum, software ini mampu melakukan editing file RAW seperti perbaikan contrast, saturation, white balance, exposure, dll. Bahkan perangkat lunak ini juga mampu melakukan konversi RAW ke bentuk JPG. Sayangnya versi bawaan Ubuntu 10.04 juga masih cukup buggy. Masalahnya sama seperti GIMP yang hanya memuat sebagian foto.


Untuk mengatasi permasalahan tersebut saya mencoba menginstall versi terbaru Rawstudio. Ada dua cara untuk melakukannya: 1) menggunakan PPA, atau 2) kompilasi sendiri. Kita pilih opsi pertama saja karena akan jauh lebih mudah.

Tambahkan dulu repository PPA milik Rawstudio ke Ubuntu:
sudo add-apt-repository ppa:rawstudio/ppa
Pastikan proses di atas berjalan tanpa error. Lakukan instalasi Rawstudio dengan menjalankan perintah berikut:
sudo apt-get update
sudo apt-get install rawstudio-daily
 Rawstudio kemudian dapat dijalankan dari menu Applications->Graphics->Rawstudio.

1 komentar:

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: