Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Linux Basic Command Line: Memanipulasi File Permission

Setelah sebelumnya kita belajar perintah dasar (basic command line) dan konsep hak akses (file permission) di Linux, sekarang mari melanjutkan dengan topik yang lain. Di artikel ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana melakukan manipulasi file permission. Biasanya kita perlu menyesuaikan hak akses terhadap suatu file/direktori agar hanya dapat diubah oleh user tertentu saja. Kita juga dapat mengatur agar suatu file dapat diubah oleh sekumpulan user yang tergabung dalam suatu grup.

Mengubah File Owner


Ada dua perintah yang biasa digunakan untuk mengubah kepemilikan suatu file, chown dan chgrp. chown dapat digunakan untuk mengubah user maupun group pemilik suatu file. Sedangkan chgrp hanya dapat digunakan untuk mengubah group.

Mari kita mulai dengan contoh penggunaan chown.
sudo chown rotyyu:rotyyu coba
Perintah tersebut akan mengubah kepemilikan file/direktori coba kepada user rotyyu dan grup rotyyu. Untuk mengubah kepemilikan hanya pada user tertentu tanpa mengubah grup, gunakan perintah berikut:
sudo chown preman coba
Sedangkan untuk mengubah grup pemilik file saja dengan tetap membiarkan usernya maka perintah yang harus kita eksekusi:
sudo chgrp preman coba
Untuk lebih jelasnya, perhatikan tangkapan layar di bawah ini.

Mengubah File Permission


Perintah yang digunakan untuk mengubah file permission adalah chmod. Penggunaan perintah ini sangat erat kaitannya dengan konsep hak akses yang saya jelaskan di artikel sebelumnya. Ada dua moda penggunannya, yang pertama adalah menggunakan kombinasi angka. Misalnya:
chmod 644 coba
Perintah di atas akan mengubah permisi file/direktori coba menjadi 644 (user: read and write, group: read, other: read).

Moda ke-2 adalah menggunakan kominasi karakter u(ser), g(roup), dan o(ther) dengan r(ead), w(rite), dan x(ecutable). Contoh untuk memberikan akses eksekusi terhadap file/direktori coba untuk user pemiliknya, jalankan perintah:
chmod u+x coba
Untuk menghilangkan akses baca dari group dan other:
chmod go-r coba
Untuk menambahkan akses baca dan tulis kepada group dan other:
chmod og+rw coba
Untuk lebih jelasnya, perhatikan tangkapan layar berikut:

Pada saat akan mengubah permisi pada ketiga-tiganya, kita juga dapat menyebutkan jenis permisi yang akan ditambahkan atau dikurangi saja tanpa karakter ugo. Misalkan jika ingin mencabut hak permisi baca terhadap file/direktori coba, alih-alih menuliskan:
chmod uog-r coba
kita bisa menuliskannya menjadi:
chmod -r coba

Jika ditanya yang mana yang lebih baik? Maka jawabannya kembali ke selera dan kebiasaan masing-masing. Saya pribadi cenderung menggunakan kombinasi angka.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: