Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Trik Menampilkan Lirik Lagu di Rhythmbox

Dunia tanpa lagu itu ibarat garam tanpa sayur, rasanya hambar. Lagu dan musik memang mampu memberikan warna tersendiri pada kehidupan manusia. Tak terkecuali para Linuxer pastinya juga senang mendengarkan lagu-lagu lewat MP3 di laptop maupun PC. Salah satu MP3 player yang cukup populer di distro-distro Linux, terutama yang menggunakan desktop Gnome, adalah Rhythmbox. Walaupun banyak yang menggunakannya, namun tak banyak yang tahu kalau Rhythmbox juga bisa menampilkan lirik MP3 yang sedang dimainkan.

Dalam tutorial ngoprek kali ini kita akan mencoba satu trik untuk menampilkan lirik lagu di Rhythmbox. Caranya sebenarnya sangat lah sederhana karena Rhythmbox sudah menyediakan satu plugin dengan nama 'Song Lyrics'. Kita hanya perlu mengaktifkan plugin ini dari menu Edit -> Plugins.

Klik kolom Enabled pada dialog Configure Plugins untuk mengaktifkan plugin ini, seperti tampak pada gambar berikut.

Untuk melakukan pengaturan tambahan pada plugin, klik tombol Configure.

Selanjutnya kita perlu mengunduh lirik untuk MP3 yang hendak kita dengarkan. Caranya dengan klik kanan pada lagu tersebut di Rhythmbox. Pilih Properties dari menu yang muncul. Masuklah ke tab Lyrics di kotak dialog Properties. Tunggulah hingga proses pencarian dan pengunduhan lirik lagu selesai.

Setiap kali memutar suatu lagu, kita dapat menampilkan liriknya dari menu View -> Song Lyrics.

Sekarang kita tidak perlu lagi harus membuka Google setiap kali hendak mencari lirik dari lagu yang sedang diputarkan oleh Rhythmbox. Cara ini tentu lebih asyik karena lirik lagu di Rhythmbox otomatis disimpan bersama dengan file MP3.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: