Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Setting Ulang Host-only Network Di Virtualbox 4.2.10

Saya baru saja melakukan upgrade Virtualbox ke versi terbaru. Prosesnya memang berjalan lancar, namun setelah selesai saya menemukan konfigurasi jaringan tipe host-only menghilang begitu saja. Seharusnya hal ini tidak perlu terjadi, mungkin saja masih menjadi bug di Virtualbox 4.2.10 ini. Memang melakukan setting Virtualbox host-only network bukanlah pekerjaan yang sulit, namun untuk vendor sekelas Oracle hal seharusnya sudah diantisipasi.

Masalah terutama akan timbul jika sebelumnya kita pernah meng-install virtual machine dengan tipe jaringan host-only. Jaringan di mesin-mesin tersebut sudah dapat dipastikan tidak akan berfungsi dengan baik. Tidak ada cara lain untuk mengatasinya kecuali melakukan setting ulang host-only network. Bagaimana caranya? Berikut ini Tutorial Ngoprek membeberkan rahasianya.

Pertama-tama, klik menu File -> Preferences di Virtualbox Manager. Kemudian klik Network di panel sebelah kanan dialog Virtualbox Settings.

Klik ikon kartu jaringan dengan tanda + (tambah) untuk menambahkan satu interface host-only networks. Untuk pengaturan lebih lanjut, pilih interface yang baru kita tambahkan (vboxnet0) kemudian klik tombol dengan ikon obeng. Di sini kita dapat mengatur alamat IP untuk vboxnet0.

Kita juga dapat mengaktifkan DHCP Server builtin milik Virtualbox dengan cara pindah ke tab DHCP Server. Lengkapi pengaturannya lalu klik OK.

Bagaimana, gampang bukan? Kalau ada permasalahan dengan setting host-only network di Virtualbox 4.2.10 silakan meninggalkan komentar, nanti akan kita coba cari solusinya.

3 komentar:

  1. agar os debian yg saya pakai bisa konect internet lewat virtual box host only adapter caranya gimana?? kalau di windows kn tinggal setting ip address, gateway n dns di virtual box only pada network connection,, kalau di debian setting ip dan gatewaynya dimana??
    saya instal mikrotik di virtual boxnya, dg adapter 1 bridge, adapter 2 host only,,

    BalasHapus
  2. saya sudah setting gan tapi pas ifconfig ipnya gak muncul

    BalasHapus
  3. gan mau tanya kalau gagal mrnciptakan interface gmn gan ?

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: