Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Transfer File Ke Server Menggunakan SCP Dan SSH

Hendak melakukan transfer file dari atau ke server? Ada banyak pilihan protokol transfer data yang tersedia untuk digunakan. Mulai dari FTP, WebDAV HTTP, Samba, NFS, dll. Namun terkadang kita tidak mau disibukkan dengan urusan instalasi dan konfigurasi layanan-layanan ini. Kita hanya punya layanan SSH di server. Biasanya kita hanya menggunakannya untuk melakukan pekerjaan secara remote. Tunggu dulu, kalau ada SSH di server berarti kita tidak butuh protokol lain kalau hanya sekedar transfer file. Memangnya bisa? Bisa dong, Tutorial Ngoprek akan beri tahu caranya.

Upload File Ke Server


Karena di awal sudah diasumsikan bahwa SSH sudah terpasang di server maka kita sudah dapat mengunggah file ke server. Perintah yang akan kita gunakan adalah scp, format eksekusinya:
scp file user@server:/path
File adalah nama dari berkas yang akan diunggah, user adalah nama pengguna yang kita miliki di server tujuan, server adalah alamat IP atau domain server tujuan, sedangkan /path adalah lokasi berkas akan diunggah.

Sebagai contoh jika kita punya berkas dengan nama owncloud-5.0.4.tar.bz2 yang akan diunggah ke server dengan alamat IP 10.10.10.220 menggunakan user rotyyu dan akan diunggah ke direktori home, maka kita jalankan perintah:
scp owncloud-5.0.4.tar.bz2 rotyyu@10.10.10.220:~
Kita juga dapat mengunggah lebih dari satu berkas sekaligus. Perhatikan screenshot berikut ini.
Upload file menggunakan scp

Coba cek apakah berkas-berkas tersebut benar sudah sampai di server.
Cek file di server

Download File Dari Server


Kita juga dapat mengunduh berkas dari server ke PC lokal. Caranya hampir saja, hanya saja posisi argumen di perintah scp dibalik.
scp user@server:/path file 
Contoh jika kita punya berkas virtualbox-4.0_4.0.8-71778~Ubuntu~lucid_amd64.deb dan ingin kita unduh ke direktori saat ini, maka perintah yang kita eksekusi:
scp rotyyu@10.10.10.220:/tmp/virtualbox-4.0_4.0.8-71778~Ubuntu~lucid_amd64.deb .
Peringah di atas diketik dalam satu baris. Tanda titik di akhir menyatakan direktori saat ini.
Download file menggunakan scp

Jadi mulai sekarang tidak perlu bingung lagi apabila hendak melakukan transfer file dari dan ke server, gunakan saja SSH.

4 komentar:

  1. hehe... tks. aku kira dari server, ternyata dari local dulu.
    klo posisinya kita di terminal server gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miqdar: Sama aja kok prinsipnya, yg penting di tujuan harus ada server SSH kalau menggunakan metode ini utk transfer file.

      Hapus
  2. mau nanya pak, file yang buat diupload harus disimpan di folder apa?saya coba keluarnya file not found, saya simpan filenya di direktori c:, terima kasih

    BalasHapus
  3. salam , mau tanya pak. klo transfer file dari server ke server bgmna caranya ?? aplikasi apa aja yg harus di siapkan , hanya ssh saja kah atau ada lagi yg lainnya ???

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: