Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Trik Rename Foto Secara Massal Dengan Gthumb Di Linux

Seorang fotografer seringkali harus melakukan rename foto-foto hasil jepretan setelah mengolahnya menggunakan Rawstudio. Ini bisa jadi perkerjaan yang gampang-gampang susah. Gampang karena kita tinggal buka Nautilus lalu klik kanan dan rename. Namun bisa jadi susah jika foto yang harus di-rename berjumlah ratusan atau bahkan ribuan. Kalau tahu triknya, tentu saja semua pekerjaan akan menjadi lebih mudah. Tutorial Ngoprek kali ini akan mebagikan trik rename foto secara massal menggunakan Gthumb.

Sebenarnya gthumb adalah aplikasi image viewer untuk Gnome, tapi kita bisa memanfaatkan fitur-fiturnya untuk mempermudah pekerjaan kita. Untuk rename foto yang sangat banyak, silakan buka foto-foto tersebut menggunakan Nautilus dengan memilih semuanya lalu klik kanan dan pilih Open With -> gthumb image viewer. Atau bisa juga menggunakan fitur image browser di gthumb.

Pilih semua foto atau gambar yang akan di-rename menggunakan short cut Ctrl+A di gthumb. Selanjutnya klik kanan dan pilih Rename.

Isikan nama file yang baru di field Template, tentukan juga penomoran file dimulai dari angka berapa. Kemudian klik tombol Rename.

Semua file gambar kita kini sudah berubah nama dengan format yang lebih rapi dan mudah dicari. Semoga trik rename foto massal dengan gthumb ini bermanfaat. Sekian.

1 komentar:

  1. Mantap gan, ini yang saya cari. Kebetulan mau rename banyak foto untuk diupload di blog. Thanks atas pencerahan kerennya gan. Salam kenal

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: