Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial Upgrade IPCop 2.0.3 Ke Versi Terbaru

Siang ini saat mengunjungi situs IPCop, saya perhatikan ternyata versi terbaru distro khusus firewall ini sudah nomor 2.0.6. Menurut keterangan di sana juga, versi 2.0.4, 2.0.5, dan 2.0.6 hanyalah update kecil terhadap beberapa bug yang terdapat di rilis IPCop 2.0.3. Update 2.0.4 memperbaiki dynamic DNS updater yang tidak bekerja di versi sebelumnya. Update 2.0.5 menambal kesalahan pesan ketika melakukan upgrade di web administrasi dan pembaruan terhadap basis data zona waktu. Sedangkan update 2.0.6 merupakan perbaikan terhadap symlink /var/log/ untuk instalasi flash. Walaupun tidak terlalu signifikan, saya memutuskan untuk tetap melakukan upgrade IPCop ke versi terbaru.

Sebenarnya ada dua cara melakukan upgrade IPCop, 1) unduh secara manual update yang tersedia lalu unggah ke server IPCop, 2) melakukan pembaruan langsung dari web administrasi IPCop. Saya memilih cara nomor dua karena alasan kemudahan.

Pertama-tama login ke web administrasi IPCop. Lalu dari menu System pilih sub-menu Updates. Di sana akan tampilkan ada tiga update tersedia. Klik tombol berwarna hijau dengan panah putih ke bawah untuk mengunduh berkas update.
Updates available for IPCop

Kita harus melakukan upgrade secara berurutan dari versi terkecil. Jadi setelah proses unduh versi 2.0.4 selesai, klik tombol Apply now. Aksi ini sekaligus akan mengunduh update versi 2.0.5. Ulangi langkah ini hingga semua update yang tersedia diterapkan ke sistem IPCop.
Apply update IPCop

Setelahnya kita akan melihat informasi tentang update yang baru saja kita terapkan ke sistem.
Installed updates IPCop

Upgrade ini tidak memerlukan reboot server sehingga layanan ke klien dapat tetap berjalan seperti biasanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: