Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Trik Mengatasi Error iSCSI dan NFS Storage Di Proxmox

Beberapa hari belakangan saya menemukan error yang disebabkan tidak terkoneksinya storage iSCSI dan NFS share di web administrasi Proxmox VE. Hal ini disebabkan adanya gangguan pada server OpenFiler yang digunakan sebagai NAS maupun SAN. Jika menilik pesan error yang ditampilkan di browser, awalnya saya tidak berpikir kalau hal ini berkaitan dengan storage. Anehnya lagi hanya beberapa bagian dari web administrasi yang mengalami error ini. Menu storage adalah salah satu yang tidak dapat diakses sama sekali. Selain itu menu-menu yang terkait dengan storage juga tidak dapat diakses dan akhirnya menampilkan error read timeout.

Pada saat mengakses menu storage, proses loading sangat lama dan ujung-ujungnya menampilkan pesan error seperti pada gambar berikut.
Proxmox internal server error

Gejala-gejala inilah yang membuat saya berkesimpulan kalau semua masalah ini berkaitan dengan storage. Masalah ini akan dapat diatasi dengan melepas (remove) sementara NAS/SAN storage dari Proxmox VE. Namun bagaimana caranya kalau web administrasinya saja tidak dapat diakses? Kita akan menggunakan alternatif lain, lewat command line.

Jadi setelah mengakses server Proxmox lewat jalur SSH, silakan edit konfigurasi storage di /etc/pve/storage.conf.
vim /etc/pve/storage.conf
Tambahkan tanda # di depan semua storage yang merupakan NFS share atau SCSI target.
Proxmox hang karena NFS

Simpan perubahan pada konfigurasi ini, lalu coba lagi mengakses menu storage di web administrasi Proxmox VE.

0 komentar:

Poskan Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: