Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial FreeNAS: Extend ZFS Volume

Di artikel tentang ZFS On Linux di Ubuntu Server 12.04, saya sudah sempat bercerita tentang beberapa kehebatan file system yang menjadi fitur andalan FreeNAS itu. Kali ini kita akan meninjau satu lagi bukti kecanggihan ZFS. Sistem berkas ini mempunyai kemampuan untuk menambahkan disk lain ke dalam volume dengan sangat mudah (extend volume). Semisal kita punya satu volume yang kapasitasnya sudah hampir habis, tapi masih ada disk lain di sistem yang menganggur. Di FreeNAS, kita tinggal meng-extend volume itu dengan disk yang belum dipakai. Caranya akan saya tunjukkan dalam tutorial ini.

Pertama-tama akses menu Storage -> Volumes -> View Volumes untuk melihat volume mana yang sekiranya perlu tambahan ruang kosong.
View ZFS Volume FreeNAS

Ukuran ruang kosong volume DATA saat ini adalah 4,8 GB. Kita akan mencoba menambahkan disk lain ke dalam volume ini. Sekarang klik pada tombol Volume Manager.
Extend ZFS Volume FreeNAS

Untuk meng-extend ZFS volume, pilih nama volume di field Volume to extend. Lalu pilih disk yang akan kita gabungkan ke dalam volume ini. Opsi lainnya dapat kita abaikan. Terakhir, klik tombol Extend Volume. Hasilnya tampak pada gambar di bawah ini.
Extended volume FreeNAS

Jelas sekali terlihat bahwa ukuran ruang kosongnya kini berubah menjadi 10,7 GB. Bagaimana, keren bukan?

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: