Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial FreeNAS: Management User Dan Group

Membuat user dan group di FreeNAS 8.3.1 akan sangat berguna. Kita dapat mengatur akses untuk suatu volume atau dataset berdasarkan keberadaan user dan group ini. Artinya orang yang tidak berhak tidak akan dapat mengakses data tertentu. Konsep ini sangat penting untuk mengamankan berbagai layanan dan data yang ada di server. FreeNAS mendukung autentikasi local user, LDAP, maupun Active Directory. Jika di jaringan sudah terdapat layanan LDAP atau Active Directory, kita sebaiknya mengimpor user dan group dari layanan tersebut ke FreeNAS. Jika tidak, maka kita dapat membuat user dan group di server FreeNAS. Yang terakhir ini yang akan kita bahas dalam tutorial ini.

Membuat Group


Group digunakan untuk mengumpulkan beberapa user dalam satu kelompok. Nantinya kita dapat memberikan akses ke group yang secara otomatis juga didapatkan oleh user yang tergabung di dalamnya. Pembuatan group dapat kita lakukan melalui menu Account - Groups - Add Group di panel kiri.
Add group FreeNAS

Kita hanya perlu mengisi dua informasi dalam pembuatan group, yaitu Group ID dan Group Name. Biasanya Group ID pun tidak perlu diubah, kita tinggal menggunakan nomor yang disediakan FreeNAS. Dalam contoh ini kita akan membuat group prohemer dengan ID 1001. Klik OK setelah mengisi form.

Untuk selanjutnya perubahan pada group ini dapat kita lakukan melalui menu Account - Groups - View Groups.
Edit group FreeNAS

Membuat User


Saat membuat user, kita dapat memilih untuk membuat group default dengan nama yang sama atau menggunakan group yang kita buat sebelumnya untuk user ini. Kita akan mencoba membuat user yang akan kita gabungkan dengan group prohemer yang kita buat tadi. Akses menu Account - Users - Add User.
Membuat user di FreeNAS

Hilangkan tanda centang pada pilihan Create a new primary group for the user, kemudian pilih group prohemer di field Primary Group. Tentukan juga Home Directory, Shell, Password, dan informasi lainnya untuk user ini. Klik OK di bagian paling bawah untuk menambahkan user ini ke sistem.

Kita juga dapat mengubah atribut-atribut user yang telah kita buat dari menu Account - Users - View Users.
Edit user FreeNAS

Ulangi langkah-langkah di atas untuk membuat user dan group lainnya di FreeNAS.

0 komentar:

Poskan Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: