Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial Instalasi AjaXplorer Di Ubuntu 12.04 Server

AjaXplorer adalah sebuah perangkat lunak filesystem management berbasis web. Aplikasi ini secara ajaib akan mengubah web server kita menjadi file explorer seperti Windows Explorer atau Nautilus. Kita dapat mengunduh maupun mengunggah berkas ke server menggunakan browser yang mendukung ajax. AjaXplorer juga mempunyai kemampuan untuk memainkan berkas MP3 maupun video langsung di browser. Kemampuannya dapat kita tingkatkan menggunakan plugin yang tersedia cukup banyak. Software ini juga mendukung autentikasi sehingga keamanannya lebih terjamin.

Instalasi AjaXplorer di Ubuntu Server 12.04 cukup mudah, kita hanya perlu mengunduh installer dari situs resminya, megekstraknya ke direktori root web server, mengaksesnya dari browser untuk menjalankan instalasi, lalu login dengan user admin. Semudah itu, hanya empat langkah. Kita mulai dengan mengunduh installer menggunakan wget.
wget http://goo.gl/fcsSy
Kemudian ekstrak berkas installer AjaXplorer dari terminal.
tar xzvf ajaxplorer-core-4.2.3.tar.gz
Selanjutnya salin direktori hasil ekstraksi ke /var/www dan ganti kepemilikan file ini ke user www-data.
sudo cp -a ajaxplorer-core-4.2.3 /var/www/ajaxplorercd /var/wwwsudo chown -R www-data:www-data ajaxplorer
Sebelum menjalankan proses instalasi, jalankan perintah berikut untuk memasang dependensi PHP GD. Sebenarnya tanpa paket ini AjaXplorer dapat tetap berjalan namun fungsi thumbnail tidak berjalan normal.
sudo apt-get install php5-gd
Akses URL lengkap direktori AjaXplorer di server Ubuntu 12.04 menggunakan browser dari PC klien, baik itu Windows maupun distro Linux. Sebagai contoh jika alamat IP server 10.10.10.220, maka URL yang kita masukkan di browser adalah http://10.10.10.220/ajaxplorer
Instalasi AjaXplorer 4.2 di Ubuntu

Peringatan-perintatan seperti di atas dapat saja kita abaikan karena tidak akan mengganggu fungsionalitas utama AjaXplorer. Ikuti tautan click here to continue to AjaXplorer untuk melanjutkan instalasi.

Secara otomatis installer akan membuat user admin dengan password admin.
Passwor dan user default AjaXplorer

Silakan login dengan user dan password tersebut di atas.
Login AjaXplorer

Usahakan untuk langsung mengganti password default setelah masuk ke AjaXplorer. Klik menu di pojok kanan atas dengan penampakan seperti pada gambar berikut. Lalu pilih Change Password.
Change password AjaXplorer

Isi password lama dan baru di form isian, kemudian klik tombol dengan ikon tanda centang.
Password baru AjaXplorer

Logout dan login kembali untuk mengaktifkan password yang baru kita ganti.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: