Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Instalasi Ultrasurf Menggunakan Wine di Ubuntu

Bosan dengan sensorsip Internet yang diberlakukan Depkominfo? Merasa putus asa dengan pemblokiran berbagai situs favoritmu? Salah satu cara mengatasi hal ini sudah pernah saya bahas dengan mengubah pengaturan DNS ke Google. Sayangnya trik tersebut hanya berlaku jika pada provider AHA/Esia. Namun tak perlu khawatir, ada banyak jalan menuju Roma. Dalam artikel ini saya akan membahas penggunaan Ultrasurf di Ubuntu untuk menembus blok internet. Karena aplikasi ini sesungguhnya berbasis Windows maka kita harus menggunakan emulator Wine untuk menjalankannya.

Instalasi Wine

Di Ubuntu kita bisa menggunakan Synaptic, Software Center, maupun APT dari command line. Jalankan perintah berikut ini dari terminal untuk melakukan instalasi melalui baris perintah.
sudo apt-get install wine
Kemudian jalankan Wine melalui menu Applications -> Configure Wine atau cukup jalankan perintah di bawah ini dari terminal.
winecfg
Pastikan jendela seperti pada gambar berikut muncul, lalu klik OK atau tombol close untuk menutup aplikasi ini.

Instalasi DLL

Ultrasurf membutuhkan dua dynamic link library (dll) agar dapat berjalan dengan sukses di Ubuntu. DLL tersebut adalah mfc42.dll dan msvcp60.dll yang dapat kita salin dari sistem operasi Windows milik tetangga atau dapat juga kita unduh melalui tautan berikut ini.
http://www.ziddu.com/download/6752872/dll-files.zip.html
Ekstrak berkas tersebut lalu salin mfc42.dll ke direktori .wine/drive_c/windows/system dan msvcp60.dll ke direktori .wine/drive_c/windows/system_32
cd Downloads
unzip dll-files.zip
cd dll-files
cp mfc42.dll ~/.wine/drive_c/windows/system
cp msvcp60.dll ~/.wine/drive_c/windows/system_32

Menjalankan Ultrasurf

Setelah kelar memasang Wine dan DLL yang dibutuhkan, sekarang waktunya untuk menjalankan Ultrasurf. Pertama-tama download dulu aplikasi gratis ini dari situs resminya di ultrasurf.us. Lalu ekstrak hasil unduhan dalam bentuk zip dan tambahkan hak akses eksekusi pada file tersebut.
unzip u.zip
chmod +x u1301.exe
Selanjutnya klik dua kali pada file tersebut untuk menjalankannya.

Terakhir lakukan perubahan konfigurasi proxy browser di Ubuntu menjadi 127.0.0.1 dengan nomor port 9666. Sekarang kita sudah dapat menjelajah dunia maya tanpa sensor atau pemblokiran. Selamat berselancar!

2 komentar:

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: