Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial Konfigurasi IPCop 2.0.3 Sebagai Server Proxy

Setelah selesai melakukan instalasi dan konfigurasi dasar IPCop 2.0.3 maka distro Linux khusus untuk firewall ini siap digunakan. Selain sebagai firewall, IPCop juga sering digunakan sebagai server proxy. IPCop memang datang lengkap dengan fitur proxy. Kita hanya perlu mengaktifkan fitur ini dari halaman administrasi berbasis web. Biasanya fitur proxy ini diaktifkan untuk jaringan di interface GREEN. Oh ya, jika bingung dengan istilah interface RED dan GREEN silakan baca konsepnya di artikel di sana.

Untuk memulai konfigurasi server proxy di IPCop, akses halaman administrasi menggunakan web browser melalui alamat IP yang ditetapkan pada saat instalasi:


Jika muncul peringatan tentang sertifikat keamanan server, abaikan dengan klik tombol "Proceed anyway".

Isikan username dan password pada dialog yang muncul. Username adalah admin, sedangkan password sesuai dengan yang ditetapkan pada proses konfigurasi dasar.

Pilih sub-menu untuk konfigurasi proxy di menu "Services":

Status proxy setelah selesai instalasi adalah "STOPPED", kita jalankan proxy dengan mencentang pilihan "Enable on GREEN". Sesuaikan beberapa pengaturan lain seperti port yang digunakan, visible hostname, email admninistrator, dll. Aktifkan perubahan pengaturan ini dengan klik tombol "Save":

Lakukan konfigurasi di klien dengan mengubah pengaturan proxy di web browser, seperti berikut ini:

Untuk memastikan klien sudah mengakses melalui proxy server ini, aktifkan pengaturan log dari halaman pengaturan proxy. Lalu dari menu "Logs" pilih sub-menu "Proxy logs":

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: