Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Firefox Nightly Build di Debian Squeeze 64 Bit

Debian Squeeze menggunakan Iceweasel sebagai browser default. Iceweasel sebenarnya adalah Firefox yang mengalami proses rebranding karena masalah lisensi. Sayangnya Iceweasel di Debian 6.0 Squeeze masih versi 3.5.16 sedangkan Firefox sudah merilis versi 4 dan 5 baru-baru ini. Terlebih lagi rilis Firefox 4 juga tidak menyertakan dukungan untuk platform 64 bit. Untungnya Firefox masih berbaik hati merilis dukungan platform 64 bit di rilis Firefox channel nightly build atau biasa disebut dengan kode Nightly. So, saya dan para pengguna distribusi GNU/Linux 64 lainnya tidak perlu repot mencari Firefox 64 bit atau melakukan kompilasi dari source.

Sebenarnya instalasi Firefox Nightly ini sangat sederhana dan gampang sekali. Kita tinggal mengunduh saja binary executable dari nightly.mozilla.org. Jangan lupa untuk memilih Linux 64-bit Intel untuk distribusi Linux di platform 64 bit. Ekstrak arsip tarball hasil unduhan tadi dengan klik kanan di Nautilus dan pilih "Extract Here" atau dari terminal jalan perintah

tax jxvf firefox-8.0a1.en-US.linux-x86_64.tar.bz2
Firefox harus dijalankan secara manual karena instalasi dengan cara ini tidak akan membuatkan menu entry di Gnome. Cukup klik dua kali berkas firefox-bin di direktori hasil ekstrak tadi.

Karena kita menggunakan Firefox dari channel nightly build maka ada baiknya selalu melakukan update setiap hari. Caranya juga gampang, cukup mengklik menu Help->About Nightly maka update terbaru akan segera diunduh.

Update Nightly
Klik tombol Update untuk menerapkan update terbaru.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: