Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Instalasi Klien VOIP Zoiper di Ubuntu Linux

Dalam pencarian untuk menemukan klien VOIP yang keren yang berjalan di atas sistem operasi GNU/Linux, saya bertemu dengan Zoiper. Sebelumnya saya sempat mendengar atau membaca review X-Lite yang dari segi tampilan sangat menarik, sayangnya saat ini sudah tidak tersedia lagi untuk Linux. Zoiper sendiri sebenarnya bukan perangkat lunak open source, namun kita dapat menggunakannya secara gratis dengan beberapa keterbatasn fitur jika dibandingkan dengan versi berbayar. Baiklah, tanpa berpanjang lebar lagi mari kita mulai instalasi klien VOIP Zoiper ini di Ubuntu Linux 64 bit.

Pertama-tama unduh installer Zoiper dari situs resminya di Zoiper.com.

Selain installer untuk Linux 64 bit, kita juga dapat mengunduh installer untuk Linux 32 bit, Windows, dan Mac OS.

Selanjutnya, ekstrak berkas installer hasil unduh yang masih dalam bentuk terkompresi. Ketik perintah berikut ini dari terminal:

Lalu jalankan installer sebagai root menggunakan perintah sudo.

Perintah di atas akan menjalankan wizard instalasi Zoiper seperti tampak pada gambar di bawah ini. Klik tombol Forward untuk masuk ke tahap berikutnya.

Di jendela License Agreement, tandai pilihan I accept the agreement lalu klik tombol Forward.

Tentukan komponen yang akan dipasang apakah termasuk shortcut di desktop atau tidak, lanjutkan dengan klik tombol Forward.

Kemudian pilih lokasi di mana instalasi Zoiper akan dilakukan. Untuk lebih mudahnya gunakan saja pilihan default. Klik Forward untuk melanjutkan.

Konfirmasi instalasi dengan klik pada tombol Forward di jendela Ready to Install.

Setelah proses instalasi selesai dengan sukses, klik tombol Finish di jendela seperti tampak pada tangkapan layar di bawah ini. Aksi ini sekaligus akan menjalankan Zoiper untuk pertama kali.

Jendela utama aplikasi Zoiper tampak seperti pada gambar berikut.

Untuk menambahkan akun baru, klik menu Settings -> Create a new account. Pilih jenis protokol yang digunakan, biasanya server VOIP Asterisk menggunakan SIP. Kemudian klik Next.

Masukkan informasi akun, host, dan password di jendela Credentials. Lanjutkan dengan klik tombol Next.

Di jendela selanjutnya klik Next untuk menyelesaikan pembuatan akun baru ini. Centang pilihan Skip auto-detection untuk mempercepat proses ini,

Sekarang klien VOIP Zoiper sudah siap digunakan untuk bertelepon ria.

Kita juga dapat mengubah pengaturan-pengaturan Zoiper dari menu Settings. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik misalnya, masuklah ke bagian Skins.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: