Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Install VirtualBox 4.1 di Debian Linux

VirtualBox merupakan software virtualisasi desktop paling populer saat ini. Perangkat lunak yang pada awalnya dibuat Innotek GmbH ini memang terkenal dengan kemudahan penggunaannya. Tidak seperti software virtualisasi server seperti VMWare atau Xen yang membutuhkan kemampuan khusus setingkat syadmin, VirtualBox sangat mengutamakan kemudahan penggunaan. VirtualBox mengandalkan kemudahan pembuatan mesin virtual dengan tampilan GUI yang sangat mudah dipahami oleh pemula sekalipun. Dukungan platform yang disediakan juga sangat lengkap, mulai dari Windows, Linux, Max OSX, hingga Solaris/OpenSolaris.

Di Debian sendiri sebenarnya sudah menyediakan VirtualBox OSE (Open Source Edition) di repositori sehingga untuk instalasinya sangat mudah sekali, cukup dengan menjalankan perintah:
aptitude install virtualbox-ose
sebagai pengguna root.
Selain menggunakan VirtualBox OSE, pengguna Debian juga punya pilihan untuk melakukan instalasi menggunakan installer yang disediakan oleh Oracle tanpa embel-embel OSE. Ada sedikit perbedaan yang tidak terlalu mencolok antara dua versi VirtualBox ini, misalnya saja pengaktifan modul USB di VirtualBox dari Oracle tanpa embel-embel OSE akan lebih mudah dibandingkan dengan VirtualBox dari repo Debian. Setelah mengunduh installer VirtualBox dari tautan ini, lakukan instalasi dengan perintah berikut.
aptitude install libqtgui4 libqt4-network libqt4-opengl
dpkg -i virtualbox-4.1_4.1.8-75467~Debian~squeeze_amd64.deb
Perintah pertama itu untuk memasang perangkat dependensi yang dibutuhkan oleh VirtualBox, barulah di perintah kedua kita benar-benar melakukan instalasi VirtualBox 4.1. Kemudian jalankan VirtualBox yang baru saja kita install menggunakan menggunakan perintah:
virtualbox
VirtualBox siap untuk dioprek.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: