Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial Server VOIP Trixbox: Mengenal Web Administrasi

Setelah selesai melakukan instalasi Trixbox VOIP Community Edition, kita sudah dapat melakukan administrasi server tersebut melalui antarmuka berbasis web. Caranya sangat mudah, kita cukup menggunakan web browser untuk mengakses alamat IP dari Trixbox. Dalam artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan beberapa menu utama yang ada di web administrasi server VOIP Trixbox. Baiklah, mari kita mulai!

Dalam tutorial ini, Trixbox dipasang di server dengan alamat IP 192.168.56.101. Alamat inilah yang kita masukkan ke address bar web browser. Berikut ini adalah tangkapan layar saat pertama kali melakukan akses.

Karena masih berada di User Mode kita perlu pindah ke Maintenance Mode dengan klik pada tombol [ switch ] yang terdapat di pojok kanan atas. Kemudian masukkan maint dan password berturut-turut pada field User Name dan Password seperti tampak di bawah.

Kita sudah masuk ke mode admnistrasi server Trixbox. Tampilan di halaman utama adalah statistik dari sistem yang sedang berjalan. Dari sini menu-menu dapat diakses pada menu bar yang ada di bawah logo Trixbox.

Menu PBX


Menu utama yang nantinya paling sering kita gunakan adalah menu PBX.

Menu ini mempunya enam submenu, yang pertama adalah PBX Settings. Di menu ini kita dapat menambahkan, menghapus, maupun memperbarui berbagai konfigurasi utama. Pengaturan ekstensi, inbound dan outbound route, ring groups, IVR, dll dilakukan di sini.

Submenu ke-2 adalah Config File Editor yang dapat kita gunakan untuk menyunting langsung berkas konfigurasi Asterisk dan FreePBX. Para pengguna tingkat lanjut mungkin akan memilih cara ini dari pada cara pertama di atas.

Submenu ke-3 adalah PBX Status yang menampilkan informasi dari log server Asterisk.

Submenu ke-4 adalah Endpoint Manager yang sangat berguna pada saat kita menambahkan IP phone ke dalam jaringan VOIP yang sedang dikembangkan.

Submenu ke-5 adalah Bulk Extensions, dapat kita gunakan untuk menambahkan nomor ekstensi telepon secara massal menggunakan berkas CSV.

Submenu terakhir adalah CDR Report.

Menu System


Menu selanjutnya adalah System. Di menu ini juga terdapat beberapa submenu.

Submenu pertama adalah System Info yang menampilkan informasi tentang sistem mulai dari hostname, alamat IP, uptime, penggunaan jaringan, hingga informasi perangkat keras.

Submenu ke-2 adalah System Maint yang fungsinya sangat jelas tergambar dari tombol-tombol di dalamnya.

Submenu ke-3 yaitu Network menampilkan informasi tentang kartu jaringan beserta atributnya. Kita dapat juga mengubah alamat IP dari menu ini menggunakan tombol Edit Network Parameters.

Submenu terakhir dengan nama Backup berisi konfigurasi backup plan beserta berkas-berkas apa saja yang akan diikutsertakan dalam proses pembuatan backup.

Menu Settings


Menu yang ke-3 Settings, berisi tiga submenu yaitu Repositories, Registration, dan General Settings.

Submenu Repositories berisi pilihan-pilihan repositori perangkat lunak yang hendak digunakan untuk server VOIP Trixbox ini. Untuk mengaktifkannya kita cukup mencentang pada pilihan repositori lalu klik tombol Submit.

Submenu Registration digunakan untuk mendaftar guna mendapatkan dukungan resmi dari Fonality selaku pengembang distro Trixbox.

Submenu terakhir di menu ini adalah General Settings yang isinya hanya konfigurasi untuk SMTP dan Hardware Auditing.

Selain tiga menu di atas masih terdapat dua menu lainnya yaitu System Status dan Packages. System Status sesuai dengan namanya menampilkan status dari berbagai layanan yang berjalan di server. Kita akan selalu melihatnya saat login ke mode maintenance. Sedangkan menu Packages menampilkan perangkat lunak yang dapat kita tambahkan dari repositori.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: