Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Instalasi Trixbox VOIP Server, Community Edition

Ingin punya server VOIP (Voice Over Internet Protocol) sendiri tapi tidak ingin ribet dengan berbagai konfigurasi Asterisk yang njelimet? Trixbox CE (Community Edition) solusinya. Distro ini dikembangkan untuk solusi komunikasi terintegrasi menggunakan VOIP. Trixbox CE mempermudah instalasi dan konfigurasi Asterisk sebagai VOIP server dengan menyediakan antarmuka berbasis web yang lebih bersahabat dengan pemula. Trixbox CE sendiri merupakan versi 'free' dari Trixbox Pro. Trixbox dikembangkan dengan basis CentOS.

ISO image Trixbox CE dapat diunduh dari http://fonality.com/trixbox/downloads. Installer Trixbox CE akan menghapus semua partisi di harddisk. Jadi pastikan data di komputer yang digunakan untuk instalasi sudah diamankan. Kalau tidak mau mengambil resiko kehilangan data, gunakan saja virtual machine. Setelah mengunduh image Trixbox CE, bakar ke CD-ROM lalu boot komputer menggunakan CD-ROM tersebut.

Tekan tombol Enter di menu pilihan boot untuk langsung masuk ke menu installer Trixbox CE. Opsi-opsi lain dapat dilihat dengan tombol F1, F2, F3, F4, dan F5.


Di layar berikutnya pilih jenis papan ketik yang kita gunakan. Biasanya di Indonesia menggunakan jenis us. Tekan tombol Tab untuk menyorot OK, lalu eksekusi dengan Enter.

Untuk konfigurasi zona waktu, pilih Asia/Jakarta untuk WIB.

Masukkan password untuk root yang merupakan satu-satunya user yang dibuat dalam proses instalasi Trixbox CE.

Proses instalasi ke harddisk akan dimulai segera sesudah kita memilih OK pada konfigurasi password root. Tidak ada pengaturan partisi sama sekali, semua harddisk akan dipartisi ulang secara otomatis.

Trixbox CE akan otomatis reboot ke sistem baru di akhir proses instalasi. Di GRUB biarkan saja pilihan default untuk masuk ke sistem Trixbox CE.

Login menggunakan username root dan password yang ditetapkan di proses instalasi. Untuk konfigurasi Asterisk VOIP server, akses alamat IP Trixbox CE dari browser, gunakan username maint dan password password untuk login.

Instalasi Trixbox CE VOIP server selesai, berikutnya kita harus konfigurasi Asterisk menggunakan antarmuka web Trixbox CE.

3 komentar:

  1. gak ngerti sama yang beginian.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Danu Akbar: Mari sama-sama belajar gan

      Hapus
  2. mau tnya nih gan,klo ad yg tau knapa y sipphone saat d pakai setelah beberapa detik trus berdenggung,.mohon infonya gan ,.thx

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: