Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial VirtualBox: Membuat Virtual Machine Baru

Setelah instalasi VirtualBox selesai, kita sudah bisa mulai menggunakannya untuk membuat berbagai macam server atau desktop sebagai virtual machine. Dengan cara seperti ini, seseorang dapat memiliki banyak komputer yang bisa digunakan sebagai lab pribadi tanpa harus memiliki banyak PC/laptop. VirtualBox menyediakan dukungan yang cukup lengkap untuk sistem operasi yang dapat diinstall sebagai guest virtual machine, mulai dari Windows, Solaris/OpenSolaris, Linux, BSD/FreeBSD, IBM OS/2, hingga Mac OS X.
Membuat virtual machine di VirtualBox dapat dilakukan menggunakan antar muka berbasis perintah dan antarmuka grafis (GUI, Graphical User Interface). Dalam tutorial ini akan dibahas bagaimana mudahnya membuat virtual machine baru di Virtual Box, seperti dipaparkan dalam tutorial step by step membuat virtual machine berikut.
  1. Dari jendela utama VirtualBox klik ikon begambar matahari biru dengan tulisan New pada jajaran toolbar untuk membuka dialog wizard pembuatan virtual machine baru. Klik Next untuk melanjutkan.
  2. Isikan nama dari virtual machine yang akan dibuat, sebaiknya gunakan nama yang membari gambaran tentang kegunaan virtual machine ini. Misalnya saja dalam tutorial ini digunakan nama Proxmox karena nantinya akan diinstall Proxmox VE. Tentukan juga jenis sistem operasi dan versi, sesuaikan dengan sistem yang nantinya dipasang di virtual machine ini.
  3. Sesuaikan ukuran memori RAM yang akan diberikan ke virtual machine, untuk Linux server tanpa GUI biasanya 256 MB sudah cukup. Tapi ini juga bergantung pada aplikasi apa saja yang nantinya diinstall dan banyaknya memori RAM pada PC/laptop yang digunakan.
  4. Karena ini virtual machine baru, perlu dibuatkan harddisk baru. Bisa juga menggunakan harddisk yang sebelumnya sudah dibuat jika ada. Klik Next untuk memulai wizard pembuatan harddisk baru.
  5. Di jendela pertama pembuatan harddisk, pilih VDI (Virtual Disk Image). Ini adalah format harddisk standar di VirtualBox. Klik Next untuk melanjutkan.
  6. Di dialog Virtual disk storage details, pilih Dynamically allocated supaya harddisk virtual yang akan dibuat VirtualBox tidak langsung menghabiskan ruang kosong sebanyak yang dialokasikan tetapi akan bertumbuh secara dinamis sesuai dengan penggunaan.
  7. Tentukan besarnya ukuran harddisk untuk virtual machine baru ini.
  8. Tinjau kembali pengaturan virtual storage yang akan dibuat, klik Back untuk menyesuaikan pengaturan atau klik Create untuk menyetujui pembuatan harddisk baru.
  9. Sekarang kembali lagi ke dialog Create New Virtual Machine di VirtualBox. Klik Back untuk menyesuaikan pengaturan yang kurang pas, atau klik Create untuk membuat virtual machine.
  10. Pembuatan virtual machine di VirtualBox selesai. Namun virtual machine baru ini masih belum bisa digunakan karena masih harus diinstall sistem operasinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: