Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengaktifkan Console Tab di PHPVirtualBox

Ketika selesai menginstall PHPVirtualBox di Linux Debian untuk pertama kalinya, saya terheran-heran karena ternyata Console Tab-nya tidak bisa diklik alias disabled. Setelah mencari-cari di Google, akhirnya saya tahu bahwa Console di PHPVirtualBox ini membutuhkan VirtualBox Extension Pack.
Awalnya saya pikir setelah memasang extension pack ini console tab akan langsung bisa digunakan untuk me-remote virtual machine di VirtualBox. Ternyata masih ada sedikit pengaturan yang harus diubah.Untuk setiap virtual machine yang ada di VirtualBox, kita harus mengaktifkan Remote Display. Bisa menggunakan PHPVirtualBox atau VirtualBox GUI Console, dari jendela utamanya klik kanan di virtual machine atau klik toolbar dengan ikon gigi roda atau gunakan shortcut Ctrl+S.
Kini Console Tab di PHPVirtualBox sudah aktif. Klik tombol dengan ikon monitor dengan tulisan Console untuk me-remote virtual machine.
Virtual machine akan tampil di browser dan bisa digunakan seperti biasa.
Console juga dapat di-detach dari jendela utama. Pada mode ini virtual machine yang sedang di-remote akan ditampilkan di jendela baru browser.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: