Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Broadcom BCM43228 di Linux Debian Unstable

Kemudahan upgrade menjadi salah satu fitur yang menyenangkan dari sistem operasi GNU/Linux. Berbagai distro menyediakan perangkat lunak untuk mempermudah user memperbarui sistemnya. Di Debian, sistem package management dpkg dengan front end aptitude, apt-get, atau Synaptic tak perlu diragukan lagi kehandalannya. Namun fitur ini juga bisa menjadi pedang bermata dua. Selaian menjadi keunggulan, juga jadi kelemahan. Terkadang ada saja perangkat keras yang tidak bekerja lagi setelah melakukan upgrade, padahal perangkat keras tersebut bekerja dengan baik sebelum upgrade dilakukan.
Wireless chipset Broadcom BCM43228 802.11a/b/g/n menjadi salah satu korban ketika Debian Unstable di-upgrade ke versi terakhir. Kalau dilihat dari lspci, wireless chipset ini terdeteksi sebagi:
Network controller: Broadcom Corporation BCM43228 802.11a/b/g/n
Masalah ini terjadi karena di update Debian unstable terbaru paket broadcom-sta-modules-3.1.0-1-amd64 tidak lagi tersedia. Firmware untuk Broadcom BCM43XXX versi sebelumnya tetap ter-install di sistem tapi menjadi tidak berguna karena menurut hasil uname -r, kernel sudah diperbarui juga menjadi:
3.2.0-1-amd64
Solusinya adalah menghapus semua paket Broadcom STA Modules.
su
aptitude purge broadcom-sta-common broadcom-sta-modules-3.1.0-1-amd64 broadcom-sta-source
Dan menggantinya dengan module DKMS untuk Broadcom.
aptitude install broadcom-sta-dkms
Dua langkah di atas sebenarnya dapat dipersingkat dengan langsung meng-install paket broadcom-sta-dkms. aptitude akan menghapus semua paket yang berkaitan dengan Broadcom STA Modules secara otomatis karena ditandai sebagai konflik dengan broadcom-sta-dkms.
Oh ya, sebelumnya jangan lupa dulu untuk memasang paket source code dari kernel yang digunakan.
aptitude install linux-headers-3.2.0-1-amd64
Cek hasilnya dengan menghidupkan ulang komputer :-)

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: