Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Instalasi Cinnamon Desktop di Fedora 16

Walaupun belum secara resmi, ternyata sudah ada paket instalasi RPM Cinnamon untuk Fedora 16. Saat mengunjungi situs pengembangan Cinnamon, paket instalasi juga sudah tersedia untuk beberapa distro populer seperti Ubuntu, OpenSUSE, Arch Linux, Gentoo, dan Frugalware. Mungkin hanya menunggu waktu saja untuk distro-distro ini mengadopsi Cinnamon secara resmi. Bagi para pengguna, ketersediaan paket instalasi ini akan mempermudah mereka yang ingin mencoba Cinnamon tanpa perlu repot melakukan instalasi dari source code.
Di distro Fedora 16, ada dua cara untuk instalasi Cinnamon. Cara pertama, tambahkan repositori unofficial Cinnamon untuk Fedora, caranya ketikkan perintah berikut dari terminal.

su
curl http://repos.fedorapeople.org/repos/leigh123linux/cinnamon/fedora-cinnamon.repo -o /etc/yum.repos.d/fedora-cinnamon.repo
Kemudian lakukan instalasi Cinnamon dengan perintah:
yum install cinnamon
Jika cara di atas gagal, unduh saja paket RPM Cinnamon dari sini. Berkas yang harus diunduh ada tiga tapi kita cukup memasang dua saja untuk menjalankan Cinnamon. Install paket muffin terlebih dulu.
rpm -ivh muffin-1.0.1-1.fc16.x86_64.rpm
Hasilnya tampak seperti pada screen shot berikut.
Barulah kemudian install paket cinnamon.
rpm -ivh cinnamon-1.3.1-1.fc16.x86_64.rpm
Instalasi yang berhasil tampak seperti pada screen shot di bawah ini.
Sekarang mari kita coba jalankan Cinnamon dari terminal. Perintahnya seperti di bawah ini, jalankan sebagai user biasa.
cinnamon --replace
Desktop Fedora 16 akan segera berubah menjadi Cinnamon.
Menu Cinnamon tampak seperti MintMenu yang digunakan di rilis-rilis Linux Mint ketika masih menggunakan Gnome 2.x.
Cinnamon juga menyediakan satu perangkat lunak khusus semacam control panel untuk pengaturan tampilan dan tema. Perangkat ini bisa diakses dari panel.
Selain menjalankan secara manual dari terminal, Cinnamon juga bisa dijalankan dengan logout dan memilih Cinnamon di jendela login Fedora 16.
Referensi: forums.fedoraforum.org.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: