Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial VOIP Trixbox: Menambah Ekstensi Baru

Nomor ekstensi atau extension number merupakan nomor yang digunakan untuk saling terhubung antara satu pengguna dengan pengguna lainnya dalam satu jaringan VOIP. Sederhananya, nomor ekstensi itu seperti nomor telepon pada umumnya. Di Trixbox, kita dapat dengan mudah membuat nomor ekstensi dari web administrasi. Kita dapat menentukan apakah akan menggunakan tiga digit, empat digit, atau ketentuan lainnya dalam pembuatan ekstensi. Namun sebaiknya pemilihan banyaknya digit ini diterapkan secara konsisten.

Untuk memulai membuat nomor ekstensi, klik pada submenu PBX Settings di menu PBX setelah login di web administrasi Trixbox menggunakan maintenance mode. Kemudian klik Extensions di panel kiri di bawah label Basic.

Aksi ini akan membawa kita ke laman pembuatan ekstensi seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Trixbox mendukung beberapa jenis device, namun pada umumnya jika menggunakan softphone seperti Zoiper maka kita harus membuat ekstensi berjenis SIP. Setelah memilih jenis device, klik tombol Submit.

Di form pembuatan ekstensi Trixbox terdapat banyak informasi yang harus diisikan. Namun sebenarnya kita hanya perlu memasukkan tiga informasi. Dua di antaranya adalah nomor ekstensi pada field User Extension dan nama pengguna yang akan ditampilkan pada field Display Name.

Informasi ke-3 adalah password di field secret seperti pada gambar berikut ini.

Jika sudah selesai mengisi tiga informasi tersebut, klik tombol Submit di bagian paling bawah form untuk menyimpan nomor ekstensi baru ini. Selanjutnya kita dapat menambahkan ekstensi-ekstensi lain sesuai dengan kebutuhan.

Apabila semua ekstensi yang dibutuhkan sudah dimasukkan, langkah berikutnya adalah me-restart layanan Asterisk di server VOIP Trixbox dengan menekan tombol Apply Configuration Changes yang berwarna kuning.

Konfirmasi dengan memilih Continue with reload.

Sekarang kita sudah mempunyai beberapa nomor ekstensi yang siap untuk diuji.
Pengujian dapat kita lakukan dengan menggunakan aplikasi softphone Zoiper.

2 komentar:

  1. tentang VOIP aku masih awam maklum gaptek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Djangkaru Bumi: Tapi pastinya sudah sering pake dong, apalagi yg senang telponan pake Skype

      Hapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: