Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Install PHPVirtualBox di Linux Debian Wheezy

Sebenarnya VirtualBox sudah menyediakan antarmuka berbasis GUI yang sangat baik untuk pengaturan virtual machine. Namun kita pasti akan kerepotan kalau menginstall VirtualBox di server yang harus di-remote dan tanpa lingkungan desktop (kebanyakan server seperti itu). Mengapa? Karena GUI console VirtualBox belum punya fitur remote access. Salah satu solusinya kita dapat menginstall PHPVirtualBox di server yang menjalankan VirtualBox. PHPVirtualBox sesuai namanya dibangun menggunakan bahasa PHP dan Ajax. Ia merupakan antarmuka berbasis web yang memanfaatkan API vboxweb-service milik VirtualBox, sehingga dapat diakses dari mana saja. Instalasi PHPVirtualBox sama seperti aplikasi berbasis web lainnya yang dibangun di atas bahasa PHP. Aplikasi ini membutuhkan server web Apache dan PHP, jadi pastikan dulu keduanya sudah terpasang di server yang akan dipasangi PHPVirtualBox. Versi terbaru PHPVirtualBox pada saat tulisan ini dibuat adalah 4.1.7 yang cocok dengan VirtualBox versi 4.1.x. Kode sumbernya dapat diunduh dari code.google.com. Letakkan kode sumber ini di direktori root web server, di Debian atau Ubuntu biasanya adalah /var/www.
su
cd /var/www
wget https://phpvirtualbox.googlecode.com/files/phpvirtualbox-4.1-7.zip
Ekstrak berkas hasil unduh di /var/www dan rename menjadi phpvirtualbox supaya alamat URL nantinya lebih mudah dituliskan di browser.
unzip phpvirtualbox-4.1-7.zip
mv phpvirtualbox-4.1-7 phpvirtualbox
Sekarang rename juga config.php-example menjadi config.php
cd phpvirtualbox
mv config.php-example config.php
Kita perlu menyesuaikan sedikit konfigurasi di berkas config.php. Buka berkas ini menggunakan editor teks, lalu ubah nilai dari dua parameter berikut.
var $username = 'vbox';
var $password = 'pass';
Ganti vbox dengan nama user yang nantinya akan dimasukkan di berkas /etc/default/virtualbox, dan pass dengan password dari user tersebut.
Selanjutnya, buat berkas  /etc/default/virtualbox dengan isi (ganti vbox dengan nama user yang ada di sistem, bisa juga dengan membuat user khusus dengan username vbox):
VBOXWEB_USER=vbox
Akses PHPVirtualBox menggunakan browser dengan memasukkan alamat http://localhost/phpvirtualbox, seharusnya kita akan dihadapkan dialog login:
Ketikkan admin di masukan username dan admin di masukan password, lalu klik Log in. Tampilan PHPVirtualBox yang sangat mirip dengan VirtualBox GUI.
Dari jendela di atas, kita dapat melihat status dari server dengan cara mengklik ikon VirtualBox di panel sebelah kiri.
Kita juga dapat membuat virtual machine baru, menghidupkan virtual machine, mengubah konfigurasi virtual machine, melihat status virtual machine, dll.
Bagaimana PHPVirtualBox ini?

0 komentar:

Poskan Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: