Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Install VirtualBox Extension Pack di Linux Debian

VirtualBox Extension Pack itu semacam add-on ataupun plug in untuk VirtualBox. Fungsinya tentu saja memberikan kemampuan dan fitur tambahan yang tidak dibawa di paket instalasi standar. Dengan menginstall VirtualBox extension pack, kita akan mendapatkan fitur tambahan untuk 1) peralatan USB 2.0, 2) VirtualBox RDP, dan 3) boot lewat PXE untuk kartu ethernet Intel. VirtualBox extension pack dirilis dibawah lisensi VirtualBox Personal Use and Evaluation License dan dapat didownload bebas di virtualbox.org. Penjelasan lebih rinci mengenai extension pack dapat dibaca di dokumentasi VirtualBox.
Instalasi VirtualBox Extension Pack dapat dilakukan dengan dua cara, 1) menggunakan VirtualBox GUI dan 2) menggunakan antarmuka baris perintah VBoxManage dari terminal. Keduanya harus dieksekusi sebagai user root. Kita mulai dengan cara yang nomor 2. Cara ini gampang karena cukup mengeksekusi satu perintah dari terminal tapi mungkin bukan pilihan untuk pengguna Linux pemula.
su
cd Downloads
VBoxManage extpack install Oracle_VM_VirtualBox_Extension_Pack-4.1.8-75467.vbox-extpack
Pada contoh tersebut diasumsikan bahwa extension pack yang akan diinstall berada di direktori Download. Cara nomor 1 mungkin akan jadi pilihan utama Linuxer pemula karena menggunakan GUI. Di jendela utama VirtuBox, klik menu File -> Preferences atau gunakan shortcut Ctrl+G.
Pada dialog Settings pilih Extensions dari panel sebelah kiri seperti tampak pada gambar di atas. Klik tombol dengan ikon gambar ketupat di panel kanan untuk menambahkan file extension pack.
Setelah memilih file installer extension pack di jendela sebelumnya,klik Install untuk konfirmasi instalasi.
Pilih 'I Agree' di jendela VirtualBox License yang menampilkan lisensi extension pack. Jika tidak setuju dengan lisensi ini kita tidak boleh menggunakan VirtualBox Extension Pack. Instalasi menggunakan GUI selesai sampai di sini, butuh langkah lebih banyak dibandingkan instalasi lewat terminal.
Untuk melengkapi proses install ini, kita harus restart komputer PC/laptop karena jika tidak maka VirtualBox Extension Pack hanya akan terlihat di user root. Periksa status instalasi extenstion pack dengan menjalankan perintah berikut dari terminal.
VBoxManage list extpacks
Instalasi yang sukses harusnya memberikan keluaran berikut baik untuk user biasa maupun root.
Extension Packs: 1
Pack no. 0:   Oracle VM VirtualBox Extension Pack
Version:      4.1.8
Revision:     75467
Description:  USB 2.0 Host Controller, VirtualBox RDP, PXE ROM with E1000 support.
VRDE Module:  VBoxVRDP
Usable:       true
Why unusable:

1 komentar:

  1. gan, apa pas proses instalasi harus masukin password ??
    saya nyoba install tp suruh masukin password, setelah saya masukin password malah muncul lg dan lg n akhirnya Wrong password.
    ada solusi gak ?

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: