Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konfigurasi Port Fowarding di VirtualBox NAT Network

NAT Network Adapter menjadi pilihan default pengaturan adapter jaringan di VirtualBox. Tipe network NAT ini memang paling sederhana dan mudah digunakan. User tidak perlu menetapkan IP address di virtual machine guest. VirtualBox menyediakannya melalui server DHCP internal. Akses ke jaringan luar seperti Internet juga otomatis diaktifkan. Intinya user hanya perlu memilih NAT network dan sisanya akan diurus oleh VirtualBox. Masalah baru akan timbul ketika user memasang layanan di virtual machine dan hendak mengakesnya dari luar atau dari host.

NAT Network Adapter tidak mengizinkan layanan yang ada di virtual machine guest diakses dari luar. Bahkan tidak dari host VirtualBox sekalipun. Virtual machine guest yang dipasang di VirtualBox dengan network model NAT memang tidak akan mungkin diakses dari luar tanpa port forwarding. Ya, port forwarding akan memetakan pasangan IP address dan port di host dengan IP address dan port di guest.

Di VirtualBox versi terdahulu, kita harus mematikan virtual machine untuk mengatur port forwarding. Antarmuka pengaturannya juga masih menggunakan baris perintah. Di VirtualBox 4.x pengaturan NAT network port forwarding dapat dilakukan dari VirtualBox Manager. Di jendela Settings virtual machine, masuk ke bagian Network.
Klik Advanced di bawah pilihan NAT untuk menampilkan pengaturan port forwarding. Klik tombol tersebut untuk mendefenisikan port mana yang akan di-forward.
Tabel Port Forwarding Rules terlihat kosong karena kita belum mendefenisikan satu pun aturan di sana. Klik tombol bertanda tambah di pojok kanan atas untuk menambah port baru.
Sebagai contoh, kita mem-forward port 8080 di host ke port 80 di virtual machine guest di VirtualBox. Alamat IP guest dan host boleh diisi boleh juga tidak. Klik OK untuk menerapkan port forwarding ini.

Dari host VirtualBox, kita coba untuk mengakses alamat http://localhost:8080 yang akan memanggil layanan server web di port 80 guest.
Yes, we did it. Kita baru saja berhasil membuat port forwarding di VirtualBox NAT Network.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: