Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update Preview Ubuntu 12.04 Precise Pangolin

Tak berapa lama setelah merilis Ubuntu 12.04 Precise Pangolin Alpha 2, pengembang Ubuntu telah mengeluarkan update melalui beberapa rilis harian. Unity yang menjadi pilihan Canonical sebagai lingkungan desktop mendapatkan permak di sana-sini. Beberapa aplikasi juga diperbarui ke rilis terbaru. Sayangnya belum ada menu HUD (Head-Up Display) disertakan sebagaimana cukup banyak diberitakan akan menjadi default menu di Ubuntu.
Update pertama terlihat di LightDM yang terlihat lebih mulus dan halus.
Ikon home di launcher kelihatannya juga mendapatkan sedikit permak. Kini ketika kita klik kanan pada ikon home akan muncul menu kontekstual.
Ukuran launcher Unity di rilis terdahulu bersifat statis dan tidak ada konfigurasi atau perkakas untuk mengubahnya. Namun kini pengguna sudah dapat dengan mudah memperkecilnya melalui pengaturan Appearance.
Launcher kini juga dapat diatur untuk tetap tampil atau secara otomatis menghilang (auto hide) dari pengaturan Appearance.
Di sisi aplikasi, Ubuntu 12.04 Precise Pangolin kini mengembalikan Rythmbox sebagai music player setelah sebelumnya sempat digantikan Banshee. Hal ini terkait dengan komitmen Ubuntu untuk tidak lagi menggunakan aplikasi berbasis Mono.
Dash yang merupakah shell untuk Unity tidak luput mendapatkan permak dengan hanya menampilkan recent applications dan recent files saja di layar home.
Tentu saja semua ini belum final karena rilis Ubuntu 12.04 Precise Pangolin masih cukup lama. Harapan kita tentu saja pengembang Ubuntu dan Canonical akan memberikan yang terbaik untuk pengguna Ubuntu GNU/Linux.

2 komentar:

  1. Untuk kelebihan dari Ubuntu 12.04 Precise Pangolin itu apa bang?

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: