Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Trik Menggunakan Google Public DNS Di Modem AHA

Di artikel Tutorial Ngoprek beberapa waktu lalu sudah dibahas trik mengakali blok Internet di modem AHA, namun dengan cara tersebut kita harus mengubah pengaturan DNS setiap kali tersambung ke Internet. Tentu saja hal seperti hanya membuang waktu dan tidak praktis. Kita bisa mengakali hal ini dengan mengatur agar koneksi modem AHA hanya mengambil alamat IP saja saat dialing ke provider Esia. Sedangkan pengaturan DNS akan kita tetapkan secara manual agar statis menggunakan Google Public DNS.

Trik ini berlaku untuk modem AHA yang disambungkan ke Internet menggunakan Network Manager (baca artikel Setting Modem AHA di Ubuntu 13.04). Sedangkan jika menggunakan modem AHA dengan wvdial kita harus melakukannya dengan cara lain. Untuk memulai klik pada ikon Network Manager di panel pojok kanan atas, lalu pilih menu Edit Connections...

Setting modem AHA

Selanjutnya pilih nama koneksi modem AHA yang akan kita ubah pengaturannya. Kemudan klik tombol Edit...
Edit modem AHA

Di jendela berikutnya pindah ke tab IPv4 Settings, di field Method gunakan opsi Automatic (PPP) addresses only, dan di field DNS Servers isikan alamat Google Public DNS yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 dipisahkan dengan tanda koma.
Google Public DNS

Klik tombol Save... untuk menyimpan perubahan ini. Disconnect dan connect ulang modem AHA agar menggunakan setting DNS yang baru. Selamat menikmati koneksi Internet tanpa filtering dan blok!

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: