Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial Proxmox: Restore Virtual Machine Secara Manual

Kemarin saya sudah menceritakan bagaimana cara melakukan backup virtual machine secara manual di Proxmox, kali ini kita akan melanjutkan dengan me-restore hasil backup di host lain. Dua hal ini saya lakukan untuk melakukan upgrade Proxmox VE dari versi 1.9 ke 2.3. Langkah-langkah lengkap proses upgrade tersebut akan saya tulis di artikel lain saja. Satu hal paling perlu diperhatikan saat melakukan restore ini adalah ID yang digunakan untuk virtual machine yang baru. Kita harus memilih ID baru yang belum digunakan sama sekali. Namun karena melakukan restore di host dari hasil fresh install, saya dapat menggunakan ID yang sama dengan virtual machine aslinya.

Restore VM Berbasis KVM


Kita menggunakan tool qmrestore untuk me-restore virtual machine yang berbasis KVM. Format eksekusi perintah ini adalah:
qmrestore nama_file.tar id_baru
Sebagai contoh, untuk me-restore virtual machine yang terdapat dalam file backup bernama vzdump-qemu-110-2013_05_13-23_31_59.tar yang ada di /mnt/vzdump maka saya mengeksekusi perintah-perintah berikut dari terminal.
cd /mnt/vzdump
qmrestore vzdump-qemu-110-2013_05_13-23_31_59.tar 110
Output perintah tersebut saat dijalankan di terminal tampak seperti pada tangkapan layar berikut ini.
Restore virtual machine KVM

Restore VM Berbasis OpenVZ


Tool yang digunakan untuk me-restore file backup suatu virtual machine berbasis OpenVZ adalah vzrestore. Format eksekusinya sama seperti qmrestore. Untuk me-restore container dalam sebuah file backup dengan nama vzdump-openvz-100-2013_05_14-21_04_15.tar dan memberikannya ID 101, kita mengeksekusi perintah berikut dari terminal.
vzrestore vzdump-openvz-100-2013_05_14-21_04_15.tar 101
Output perintah tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah.
Restore virtual machine OpenVZ

Selain menggunakan dua tool di atas lewat terminal, kita sebenarnya juga dapat melakukan restore virtual machine melalui GUI web administrasi Proxmox. Sayangnya di versi 2.3 masih ada bug terkait dengan menu upload file backup vzdump ke server Proxmox.

2 komentar:

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: