Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial FreeNAS: ZFS Volume Management

Walaupun sudah selesai melakukan instalasi server FreeNAS, kita belum benar-benar memiliki NAS sebelum kita menambahkan volume baru. Volume inilah yang nantinya kita konfigurasi menjadi storage yang dapat digunakan di klien. FreeNAS mendukung dua jenis volume, yaitu UFS dan ZFS. Yang terakhir disebutkan itu menjadi salah satu fitur unggulan server FreeNAS karena memiliki fitur yang canggih dan dapat diandalkan. Silakan membaca artikel Wikipedia tentang ZFS untuk mengetahui lebih lanjut tentang kehebatan filesystem buatan Sun Microsystems ini.

Menambah ZFS Volume


Setelah login ke web administrasi FreeNAS, akses menu Storage - Volumes - Volume Manager di panel kiri atau klik ikon Storage di toolbar atas lalu klik Volume Manager di panel kanan.
Add ZFS volume FreeNAS

Tentukan nama untuk volume ini di field Volume name. Kemudian pilih salah satu harddisk dari Member disks untuk ditambahkan ke volume ini. Di field Filesystem type pilih ZFS. Opsi yang lain untuk sementara dapat kita abaikan dulu.
Volume manager FreeNAS

Klik tombol Add volume untuk memformat volume ini. Hasilnya kita akan mendapatkan satu volume baru dengan kapasitas 8,6 GB seperti tampak pada gambar berikut.
Active volume FreeNAS

Membuat ZFS ZVol


ZFS ZVol adalah salah satu fitur ZFS yang memungkinkan kita untuk membuat block device di dalam volume ZFS. Cara membuatnya adalah dengan menekan tombol Create ZFS Volume pada volume yang baru saja kita buat.
Create Zvol ZFS

Kemudian isikan nama dan ukuran kapasitas volume ini di form yang muncul.
Membuat zvol ZFS di FreeNAS

Klik tombol Add ZFS volume untuk membuat sebuah block device baru. Perhatikan perbedaan ZFS volume dan zvol pada gambar di bawah ini.
Daftar volume FreeNAS

Tampak kolom Used dan Available pada zvol tidak diisi dengan angka karena masih berupa block device. Nantinya zvol ini dapat kita gunakan sebagai iSCSI target.

Membuat ZFS Dataset


ZFS Dataset hampir sama seperti folder pada kebanyakan filesystem. Volume ZFS dapat kita bagi lagi menjadi beberapa dataset yang nantinya dapat kita gunakan untuk sharing NFS atau Samba. Untuk membuat dataset, klik ikon Create ZFS Dataset pada baris volume ZFS yang kita buat tadi.
Create ZFS Dataset

Kemudian tentukan nama untuk dataset ini di field Dataset Name. Untuk sebuah dataset sederhana kita dapat mengabaikan opsi lain yang tersedia. Kita juga dapat mengubah opsi-opsi ini setelah selesai membuat dataset.
Membuat ZFS dataset FreeNAS

Klik tombol Add Dataset untuk menyelesaikan pembuatan dataset ini. Sebagai hasilnya kita dapat melihat baris tambahan di bawah ZFS volume.
Existing ZFS dataset

Untuk membuat dataset lainnya, kita dapat mengulangi langkah-langkah di atas. Dataset juga dapat dibuat di dalam dataset.

2 komentar:

  1. Terima Kasih Tutorialnya sangat bermanfaat
    Saya lagi belajar freenas mau tanya bagaimana cara backup hardisk freenas jika sewaktu ada crash dengan OS Freenas ?

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: