Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sharing File Dengan Samba Di Ubuntu

Ubuntu versi terbaru sudah menyertakan Samba dalam instalasi default. Artinya kita dapat langsung  melakukan sharing file tanpa instalasi aplikasi apapun. Bahkan kita dapat membuat direktori sharing baru dengan klik kanan di Nautilus. Sederhananya kita hanya butuh dua sampai tiga klik untuk membagikan file di jaringan. Mengakses sharing file juga dapat kita lakukan menggunakan Nautilus. Inilah salah satu kelebihan Ubuntu yang membuat banyak user kepincut. Artikel Tutorial Ngoprek berikut ini akan membahas cara mudah sharing file dengan Samba di Ubuntu.

Pertama-tama tentukan direktori yang akan diberikan akses sharing di jaringan. Kemudian buka Nautilus, klik kanan pada direktori tersebut. Sebagai contoh kita akan menggunakan direktori Downloads di home.
Sharing file Ubuntu

Pilih Sharing Options dari menu pop up yang muncul. Centang pilihan Share this folder di jendela Folder Sharing. Tentukan nama folder ini yang akan terlihat di jaringan di field Share name. Untuk memberikan akses publik, centang pilihan Guest access.
Pengaturan sharing Ubuntu

Akses folder ini dari salah satu PC lain yang terhubung ke jaringan yang sama. Caranya dari Nautilus tekan kombinasi tombol Ctrl+L lalu masukkan URL smb://10.10.10.232/downloads.
Akses file sharing di Ubuntu

Seluruh isi direktori yang dibagikan akan terlihat di Nautilus.
Nautilus Ubuntu

Cara yang sama dapat juga kita gunakan untuk mengakses file yang di-share oleh sistem operasi Windows atau distro Linux lainnya.

1 komentar:

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: