Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial Instalasi Google Chrome Di Ubuntu 13.04

Tak bisa dipungkiri, Google Chrome salah satu browser paling populer saat ini. Jumlah penggunanya dikabarkan terus berkembang mendekati Mozilla Firefox. Namun karena satu dan beberapa hal, browser keluaran Google ini tidak disertakan di repositori Ubuntu. Para pengguna harus mengunduh lalu memasangnya secara manual. Kalau nekat tak mau menggunakan perangkat lunak dari luar repo, kita bisa install Chromium yang merupakan versi open source dari Google Chrome. Namun artikel Tutorial Ngoprek kali ini tidak akan membahas instalasi Chromium.

Download Google Chrome


Google menyediakan installer Chrome dalam bentuk paket DEB untuk Ubuntu, baik platform 32 bit maupun 64 bit. Silakan mengunduh yang sesuai dengan platform Ubuntu yang digunakan dari https://www.google.com/intl/en/chrome/browser/

Install Google Chrome


Ada sedikit bug yang terjadi pada Chrome rilis 26 untuk Ubuntu. Hal ini terjadi karena versi tersebut dipaketkan menggunakan libudev0 yang kini digantikan libudev1 di Ubuntu 13.04. Kita dapat mengatasi bug ini dengan memasang libudev0 dari PPA.
wget http://goo.gl/VPbYZ
sudo dpkg -i libudev0_175-0ubuntu19_amd64.deb
Setelah itu barulah kita install Google Chrome dari terminal.
sudo dpkg -i google-chrome-stable_current_amd64.deb
Seharusnya instalasi berjalan lancar dan kita dapat menjalankan browser Chrome di Ubuntu 13.04.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: