Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Trik Booting Virtual Machine Super Cepat Di VirtualBox

Menunggu itu membosankan, tidak menyenangkan, kadang bisa memancing emosi. Semua orang mungkin setuju dengan hal itu. Saya juga tidak suka menunggu, termasuk menunggu virtual machine yang membutuhkan waktu cukup lama hanya untuk booting. Apalagi misalnya sistem operasi yang kita jalankan di atas Virtualbox memiliki banyak aplikasi yang berat, pasti waktu booting semakin lama. Tentu saja ini tidak menyenangkan. Kalau bisa cepat, mengapa harus lambat? Untungnya Virtualbox mempunyai satu fitur yang dapat menjadikan boot virtual machine super cepat.

Trik ini sebenarnya kita awali saat hendak mematikan virtual machine di Virtualbox. Alih-alih menjalankan perintah poweroff atau halt dari terminal, kita tutup saja jendelanya. Nah pada saat itu, Virtualbox akan menawarkan beberapa pilihan seperti tampak pada gambar di bawah.
Save the machine state

Dari tiga pilihan tersebut, kita harus menandai Save the machine state agar mesin ini tidak dimatikan tetapi disimpan dalam keadaan sama persis saat terakhir kali kita mengaksesnya. Lalu klik OK. Kalau kita perhatikan mesin virtual yang kita matikan dengan cara tersebut di VirtualBox Manager akan terlihat ada ikon disket dengan tulisan Saved.
Save virtual machine

Ketika virtual machine ini dihidupkan kembali, tidak akan ada proses booting layaknya menghidupkan sistem operasi secara normal. Sebagai gantinya Virtualbox akan me-restore keadaan yang disimpan tersebut dan mengubah status mesin menjadi hidup. Cara ini hanya membutuhkan beberapa detik sampai sistem operasi siap digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: