Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial Openfiler: Melakukan Setting iSCSI Target

Salah satu fungsi utama Openfiler adalah sebagai solusi Network Attached Storage (NAS) yang murah dan mudah digunakan. Untuk itu tersedia beberapa cara untuk men-share storage yang dimiliki Openfiler ke user. Salah satunya adalah menggunakan iSCSI (Internet Small Computer System Interface). Protokol ini memungkinkan storage yang berada di server Openfiler dianggap sebagai disk lokal oleh sistem operasi yang menginisiasinya. iSCSI dapat digunakan di atas LAN, WAN, maupun Internet. Dalam Tutorial Ngoprek kali ini, kita akan belajar bagaimana melakukan setting iSCSI target di Openfiler.

Di dalam tutorial ini diasumsikan Openfiler di-install di Virtualbox, sudah ditambahkan dua harddisk baru (baca Menambahkan Harddisk Baru Virtualbox), dan sudah dibuatkan logical volume dengan tipe iSCSI (baca Volume Group Management). Kemudian login-lah ke web administrasi Openfiler. Pertama-tama kita harus mengakifkan layanan iSCSI dari tab Services di menu bagian atas. Klik tombol Enable di baris iSCSI target server.

Lalu pindahlah ke tab Volumes. Klik tautan iSCSI targets di panel menu bagian kanan.

Di jendela pengaturan Target Configuration kita dapat menambahkan sedikit keterangan untuk iSCSI target baru ini pada field Target IQN. Misalnya saja kita tambahkan :my_filer atau :web_filer di bagian paling ujung. Bagian lain tidak perlu diubah. Lalu klik tombol Add.

Sekarang kita sudah mempunyai satu iSCSI target yang dapat digunakan oleh klien. Di bagian settings ini kita tidak perlu melakukan perubahan pengaturan apa pun.

Lanjutkan dengan pengaturan pemetaan dengan pindah ke tab LUN Mapping. Klik tombol Map tanpa perlu melakukan perubahan apa pun.

Setting iSCSI target selesai dan siap diakses oleh klien.

Selanjutnya kita perlu melakukan inisiasi dari klien yang akan menggunakan storage ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: