Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cara Membakar (Burning) ISO Image Ke CD/DVD

Installer berbagai distro GNU/Linux kebanyakan didistribusikan dalam bentuk image ISO. Kita harus membakarnya (burning) ke dalam CD untuk dapat menggunakannya. Namun banyak pengguna yang salah dengan menggunakan cara yang sama ketika mereka membakar data biasa ke CD. Hasilnya justru CD yang kita dapatkan tidak bootable. Cara yang benar untuk membakar image ISO ke CD/DVD adalah menggunakan fasilitas image burning yang disertakan dalam  kebanyakan software burner.

Di Ubuntu dan kebanyakan distro GNU/Linux yang menggunakan Gnome sebagai desktop kita dapat menggunakan aplikasi Brasero untuk membuat CD yang bootable. Saat pertama kali menjalankan aplikasi ini, klik tombol besar dengan label Burn Image untuk membakar image ISO.
Aplikasi CD burner Brasero

Selanjutnya tentukan file image ISO yang akan dibakar ke CD dengan mengklik pada tombol Click here to select a disc image.
Membakar image ke CD

Untuk menjamin CD dapat dibaca dengan baik di CD drive lama yang mungkin kecepatan optiknya sudah melemah sebaiknya kita menentukan kecepatan pembakaran dengan klik tombol Properties.
Membakar ISO image

Kecepatan yang ideal adalah yang tidak terlalu cepat, saya biasanya menggunakan kecepatan pembakaran 10.0x. Klik tombol Burn untuk memulai proses pembakaran CD. Progress pembakaran akan ditampilkan lengkap dengan perkiraan waktu yang dibutuhkan.
Membuat bootable CD di Ubuntu

Setelah selesai, Brasero akan mengeluarkan CD secara otomatis. Kita dapat membakar CD lainnya dengan image ISO yang sama dengan mengklik tombol Make More Copies.
Proses membakar CD selesai

Selain Brasero, masih ada 2 sotfware pengganti Nero lain yang dapat digunakan untuk membakar image ISO ke CD/DVD.

8 komentar:

  1. paling mudah dengan korek api,,, :D

    http://tinyurl.com/terpaksa-kaya

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Ulfa Farik: Apanya yg kurang bisa dimengerti?

      Hapus
  3. brasero ini buat Linux ya?
    trus kalo saya mau nge burn dari windows apa pake Nero bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hardika Hawari: Bisa kok, seingat saya ada juga fitur Nero untuk membakar ISO image. Yg penting jangan bakar dng opsi data aja.

      Hapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: