Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

3 Software Pengganti Nero Untuk Linux Ubuntu

Tutorial Ngoprek akan membahas 3 software pengganti Nero untuk Ubuntu Linux kali ini. Sudah pada tahu Nero dong ya? Sebuah perangkat lunak yang berjalan di atas sistem operasi Microsoft Windows, biasa kita pakai untuk urusan bakar-membakar. Kebakaran dong? Tentu saja tidak karena yang dibakar bukan rumah atau pasar melainkan berkas-berkas di komputer ke dalam CD (Compact Disc). Mulai dari berkas multimedia seperti lagu, video, hingga ISO image. Nero termasuk salah satu aplikasi yang populer di Windows karena biasanya dipaketkan bersama CD-RW yang kita beli. Lalu apa saja alternatifnya di Linux?

Brasero



Brasero pengganti Nero

Brasero kini menjadi CD/DVD burner default yang disertakan bersama distro Ubuntu. Brasero dikembangkan untuk digunakan di lingkungan desktop Gnome. Tampilan antarmukanya cukup sederhana dan mudah digunakan. Namun kemampuan yang disematkan padanya cukup komplit. Ia mampu membakar audio, video, data, ISO image, hingga copy antar CD/DVD.

Gnome Baker


Gnome Baker pengganti Nero

Pada awalnya Gnome Baker merupakan aplikasi CD/DVD burner default untuk Ubuntu dan kebanyakan distro yang menggunakan desktop Gnome lainnya, sebelum akhirnya digantikan Brasero. Kemampuannya dalam urusan membakar berkas ke CD/DVD tidak kalah dengan perangkat lunak berbayar.

K3B


K3B pengganti Nero

K3B atau KDE Burn Baby Burn merupakan aplikasi pembakar CD/DVD/Blu-ray default untuk lingkungan desktop KDE. Selain memiliki kemampuan untuk membenamkan berbagai file audio, video, data, hingga ISO image, K3B juga mampu mengekstrak CD audio (istilah kerennya ripping).

3 komentar:

  1. sangat membantu sekali artikel nya. mana di antara program itu yang bekerja lebih stabil dan cepat? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Androsemeru: menurut pengalaman saya, Brasero di Gnome dan K3B di KDE.

      Hapus
  2. Thanks for review, it was excellent and very informative.
    thank you :)

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: