Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Setting Repositori Ubuntu 13.04 Menggunakan Server Lokal

Ketika kita melakukan instalasi Ubuntu 13.04 dan memilih zona waktu di Indonesia, secara otomatis repository yang digunakan mengarah ke id.archive.ubuntu.com. Walaupun diawali dengan inisial ID di depannya, sebenarnya server ini tidak berada di Indonesia melainkan di luar negeri. Untuk menghemat bandwidth internasional dan mengakselerasi kecepatan unduh saat kita melakukan instalasi software, ada baiknya setting repositori ini kita ubah.

Di Indonesia terdapat beberapa server mirror lokal yang juga menyediakan repositori Ubuntu 13.04. Kita tinggal memilih salah satunya dari Software Center. Caranya klik menu Edit - Preferences. Kemudian pilih Other... di Download from.
Repositori Ubuntu 13.04

Lalu pilih salah satu server yang ada di bawah Indonesia. Kita juga dapat menguji server mana yang paling cepat untuk digunakan dengan mengklik tombol Select Best Server. Setelah memilih, klik tombol Choose Server.
Server repo Ubuntu 13.04

Ketik password user yang memiliki akses sudo untuk menerapkan perubahan ini.
Repo Ubuntu 13.04

Klik tombol Authenticate. Setting repositori di Ubuntu 13.04 selesai. Selanjutnya kita dapat memasang aplikasi dari Ubuntu Software Center seperti biasa.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: