Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Instalasi Teamviewer Di Ubuntu 13.04 64 Bit

Teamviewer merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk urusan remote-meremote. Aplikasi ini memang cukup powerful, kita dapat mengakses desktop dalam jaringan LAN maupun WAN tanpa perlu setting yang ribet. Kita juga dapat merekam sesi yang sedang berjalan menjadi sebuah video untuk membuat dokumentasi atau tutorial. Teamviewer juga memungkinkan beberapa user mengakses suatu desktop secara bersamaan. Selain itu, aplikasi ini juga gratis selama digunakan untuk keperluan personal.

Download Teamviewer


Sebenarnya aplikasi ini tidak berjalan secara native di Linux, Teamviewer menggunakan Wine sebagai emulator. Jadi sesungguhnya kita akan memasang aplikasi Windows di Linux. Installer Teamviewer dapat diunduh secara gratis dari situs resminya. Distro yang didukung di antaranya:
  • Ubuntu
  • Debian
  • RedHat
  • CentOS
  • Fedora
  • SuSE
Untuk enam distro ini tersedia installer baik untuk platform 32 bit maupun 64 bit berupa paket DEB (Debian dan Ubuntu) atau RPM (RedHat, CentOS, Fedora, SuSE). Sedangkan untuk distro lainnya disediakan installer dalam bentuk tar.gz.

Instalasi Teamviewer


Klik ganda pada installer DEB. Aksi ini akan membuka Ubuntu Software Center secara otomatis. Informasi tentang aplikasi ini akan ditampilkan. Klik tombol Install untuk memulai instalasi Teamviewer.
Instalasi Teamviewer Ubuntu

Masukkan password untuk mendapatkan akses sudo.
Install Teamviewer Ubuntu

Proses instalasi ini membutuhkan beberapa dependensi yang kemungkinan masih akan diunduh dari mirror. Gunakan server mirror dalam negeri agar lebih cepat.
Pogress instalasi Teamviewer

Menjalankan Teamviewer


Cari Teamviewer menggunakan dash, lalu klik untuk menjalankannya. Klik I Accept License Agreement untuk menyetujui lisensi aplikasi.
License agreement Teamviewer

Setelah itu aplikasi ini siap digunakan untuk meremote maupun diremote.
Aplikasi Teamviewer di Ubuntu

Fitur lain aplikasi ini yang tak kalah menarik adalah Meeting. Kita dapat melakukan rapat dengan rekan kerja dari daerah-daerah yang berjauhan. Fitur-fitur keren ini yang membuat kita tidak akan rugi menginstall Teamviewer di Ubuntu 13.04.

1 komentar:

  1. cara ini tidak bekerja di komputer saya, saya menggunakan ubuntu 14.04 64bit
    mohon pencerahannya

    kunjungi juga muhammadmuchsin.blogspot.com

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: