Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

6 Software Pengganti Visio Untuk Ubuntu Linux

Sebagai orang IT tentunya kita akan banyak berurusan dengan disain. Baik itu disain sistem informasi super besar, disain jaringan komputer, use case diagram, atau hanya sekedar flow chart suatu algoritma. Sewaktu masih menggunakan Microsoft Windows dulu, kebanyakan dari kita pasti sangat familiar dengan Visio. Software ini bisa dikatakan salah satu yang terbaik untuk urusan membuat disain sistem dan flow diagram. Tidak hanya itu saja, Microsoft Visio juga punya fitur-fitur lain seperti kemampuannya untuk merancang peta sederhana dan masih banyak lagi. Masalah timbul saat kita migrasi ke GNU/Linux karena ternyata Visio tidak ada di sana. Solusinya kita bisa menggunakan 6 sofware alternatif Visio berikut.

Dia Diagram Editor


Dia Diagram Editor Visio

Dia (bukan dia loh...) adalah diagram editor yang merupakan bagian dari proyek Gnome Desktop Environment. Dia mempunyai set yang cukup lengkap untuk pembuatan disain sistem maupun diagram. Kita dapat membuat flow chart, UML, Cisco Network, hingga ER diagram dengan menggunakan Dia.

yEd Graph Editor


yEd Graph Editor Visio

yEd dikembangkan oleh yWorks, sebuah perusahaan IT berbasis di Jerman. yEd merupakan software pengolah diagram yang multiplatform karena dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java. Set ikon yang disediakan sudah cukup lengkap. Namun apabila masih kurang puas, kita bisa menambahkan ikon sendiri.

OpenOffice/LibreOffice Draw


OpenOffice/LibreOffice Draw Visio

Draw merupakan bagian dari OpenOffice/LibreOffice suite. Kebanyakan distro Linux sudah menyertakannya bersama instalasi default. Walaupun fitur-fitur yang tersedia masih cukup terbatas, Draw sudah mumpuni untuk menggambar diagram-diagram sederhana untuk menggambarkan ide kita.

Umbrello


Umbrello Visio

Berbeda dengan software lainnya dalam daftar ini yang dapat kita gunakan untuk menggambar berbagai diagram, Umbrello mengkhususkan diri untuk urusan pembuatan diagram UML (Unified Modelling Language).

Gaphor


Gaphor Vision

Sama seperti Umbrello, Gaphor juga merupakan software yang dikembangkan secara khusus untuk pembuatan diagram UML. Namun tidak seperti Umbrello yang berbasis KDE, Gaphor lebih cocok digunakan di lingkungan desktop Gnome.

Kivio


Kivio adalah sebuah perangkat lunak editor diagram yang dikembangkan di lingkungan desktop KDE. Software ini merupakan bagian dari KOffice suite. Namun saat ini status pengembangannya cukup terhambat karena kurangnya pengembang yang mengurusi Kivio.

Walaupun fitur dan kemampuan 6 software pengganti Visio di Linux ini belum dapat dikatakan setara dengan Visio, namun sudah cukup mumpuni untuk mengakomodasi kebutuhan para pengguna Linux akan sebuah perangkat lunak serupa Visio. Instalasi software-software ini pun cukup mudah karena semuanya kecuali Kivio dan yEd Graph Editor sudah tersedia di repositori Ubuntu. Kita dapat menggunakan Synaptic Package Manager untuk melakukan instalasi.

1 komentar:

  1. Thanks for review, it was excellent and very informative.
    thank you :)

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: