Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Linux Basic Command Line: Cek Versi Kernel dan Distro

Percaya atau tidak, saking banyaknya server yang kita urus terkadang kita bisa melupakan hal-hal sepele mulai dari masalah lupa password untuk login sampai versi dari distro yang terpasang di server tersebut. Belum lagi misalnya ketika kita mendapati warisan server dari sysadmin terdahulu tanpa dokumentasi yang memadai. Mengetahui versi distro dan kernel Linux yang digunakan suatu server itu cukup penting. Setidaknya kita tahu sedang berhadapan dengan makhluk seperti apa :D.

Dalam Tutorial Ngoprek kali ini akan saya utarakan beberapa perintah dasar Linux yang dapat kita gunakan untuk mengecek versi dari distro maupun kernel Linux di dalamnya.

Cek versi distro


Kita mulai dari versi distro. Bagi pengguna Debian dan turunannya (Ubuntu, BlankOn, Linux Mint, dkk) pastilah sudah familiar dengan command line berikut ini.
lsb_release -a
Hasil dari perintah tersebut cukup lengkap untuk mengetahui informasi penting dari distro yang sedang kita gunakan.

Pada gambar di atas kita bisa melihat informasi mulai dari distributor, deskripsi, nomor rilis, hingga nama kode. Sayangnya tool ini tidak tersedia di distro berbasis Red Hat (Fedora, CentOS, dkk) sehingga kita harus mengecek dengan cara lain. Yaitu:
cat /etc/issue.net
atau
cat /etc/issue


Cek versi kernel


Perintah untuk cek versi kernel hampir sama di semua distro Linux karena merupakan tool standar. Perintah dasar untuk mengecek versi kernel Linux yang sedang digunakan adalah:
uname -a
Perintah uname jika dieksekusi dengan opsi -a akan menampilkan informasi yang lengkap tentang versi kernel hingga arsitektur mesin yang digunakan. Perintah ini dapat pula kita jalankan dengan opsi-opsi lain. Seperti:
uname -r
atau
uname -n
dan beberapa opsi lain seperti tampak pada screenshot berikut ini.

Jika sudah mengetahui versi distro dan kernel yang digunakan, maka kita dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya. Seperti misalnya apakah akan melakukan upgrade distro, update kernel ke versi terbaru, atau bahkan mungkin install ulang.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: