Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

5 Aplikasi Wajib Untuk Fotografer Pengguna Ubuntu Linux

Beberapa waktu yang lalu, salah satu artikel Tutorial Ngoprek sudah membahas 6 Software Digital Music Paling Top Di Linux. Nah kali ini saya akan memberikan rekomendasi 5 aplikasi wajib untuk fotografer yang menggunakan sistem operasi Linux. Software-software ini tentu saja kebanyakan berurusan dengan pengolahan foto (post processing) hasil tangkapan kamera. Mulai dari pengolahan file RAW, retouch, sampai pengorganisasian foto-foto tersebut. Baiklah, langsung saja kita lihat daftarnya berikut ini.

Rawstudio

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memiliki fungsi utama untuk pengolahan file RAW. Beberapa fotografer mungkin lebih senang memotret menggunakan format RAW karena hasilnya masih mentah sehingga pengolahannya akan lebih maksimal. Simak artikel Cara Mudah Instalasi Rawstudio Di Ubuntu Linux untuk detail step by step instalasinya.

GIMP

Aplikasi ini tentunya sudah tidak asing lagi untuk yang suka melakukan graphics editing. GIMP dapat dipasang di Linux, Windows, maupun MacOS X. Kemampuanya juga tidak kalah dengan aplikasi sejenis yang berbayar.

Shotwell

Aplikasi ini merupakan salah satu photo manager di Linux yang memiliki fitur cukup lengkap. Kita bisa mengimpor foto dari kamera kemudian mengelompokkannya berdasarkan waktu, event, kategori, dll.

F-Spot

Aplikasi ini termasuk kategori photo manager juga. Fungsi dan fiturnya hampir sama dengan Shotwell. Namun secara pribadi saya lebih menyukai Shotwell dibandingkan dengan F-Spot.

gThumb

Seorang fotografer pastinya sering mengevaluasi foto-foto hasil tangkapan kameranya. Untuk itu dibutuhkan satu aplikasi image viewer yang powerful tapi juga ringan. gThumb merupakan image viewer yang memiliki fitur sangat lengkap. Beberapa di antarnya bahkan mungkin tidak dimiliki software sejenis. Contohnya saja adalah kemampuannya untuk melakukan rename foto secara massal.

5 aplikasi wajib untuk fotografer ini sudah tersedia di repositori Ubuntu dan kebanyakan distro Linux lainnya, sehingga instalasi dapat kita lakukan dengan mudah menggunakan package manager.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: