Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial Instalasi Server Storage FreeNAS 8.3.1

FreeNAS adalah server Network Attached Storage (NAS) gratis berbasis FreeBSD. Sistem operasi ini mendukung protokol CIFS (Samba), FTP, NFS, rsync, AFP, dan iSCSI. Selain itu FreeNAS juga mempunyai fitur-fitur unggulan seperti autentikasi user lokal, software RAID, dan antarmuka konfigurasi berbasis web yang sangat mudah digunakan. Proses instalasi FreeNAS terbilang cukup mudah dan termasuk sangat cepat apabila dibandingkan dengan instalasi OpenFiler.

Tutorial Ngoprek kali akan memberikan panduan step by step instalasi FreeNAS. ISO image installer bisa diunduh dari situs resminya. Kalau hanya sekedar coba-coba atau eksperimen, lebih baik instalasi dilakukan di atas virtual machine menggunakan VirtualBox atau Proxmox VE karena FreeNAS akan memformat harddisk dan menghapus semua data di dalamnya.

Pertama-tama aturlah PC untuk boot menggunakan CD installer FreeNAS. Di menu utama installer pilih Install/Upgrade untuk memulai instalasi. Pindah ke tombol OK menggunakan Tab di keyboard lalu tekan Enter.

Tentukan hard disk tujuan instalasi dengan memilih dari daftar yang dikenali FreeNAS. Ingat bahwa semua data akan dihapus, jadi pastikan tidak salah memilih hard disk.

Lanjutkan instalasi dengan menjawab Yes pada dialog konfirmasi yang muncul.

Instalasi akan berlangsung selama beberapa menit. Mesin virtual KVM yang saya gunakan hanya perlu waktu sekitar lima menit hingga instalasi selesai.

Pilih OK untuk melakukan reboot PC dan masuk ke sistem FreeNAS yang baru kita install.

Selanjutnya kita perlu melakukan berbagai konfigurasi lebih lanjut supaya FreeNAS ini dapat digunakan sebagai storage server yang handal.

1 komentar:

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: