Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

5 MP3 Player Berbasis Terminal/Console Terbaik di Ubuntu

Ngoprek Linux itu tidak lengkap tanpa musik. Mendengarkan lagu-lagu favorit kita menggunakan MP3 player sambil mengoprek memberikan hiburan tersendiri. Di Linux sudah terdapat banyak MP3 player yang sangat bagus. Sebut saja misalnya Rhythmbox di Gnome atau Amarok di KDE. Keduanya mempunyai fitur yang seharusnya disediakan oleh sebuah software MP3 player. Keduanya juga memiliki GUI yang sangat baik. Walaupun sudah punya MP3 player berbasis GUI yang mumpuni, terkadang memutar musik di terminal atau console juga bisa menjadi alternatif yang menarik.

Dari sekian banyak MP3 player  yang tersedia di Linux, berikut ini adalah 5 MP3 player berbasis terminal/console terbaik menurut penulis.

1. MOC (Music On Console)


Saya paling sering menggunakan MOC untuk memutar MP3 di terminal. Antarmuka dan kemampuannya adalah yang terbaik menurut saya. Di Ubuntu, instalasinya cukup dengan menjalankan satu perintah:
sudo apt-get install moc
Kemudian jalankan dengan perintah:
mocp

2. MP3Blaster


MP3Blaster juga tidak kalah dengan MOC, dulu saya cukup sering menggunakan player ini sebelum mengenal MOC. Di Ubuntu, instalasinya dapat dilakukan dengan perintah berikut:
sudo apt-get install mp3blaster
Lalu jalankan dari terminal dengan mengeksekusi perintah:
mp3blaster

3. CMUS


CMUS memiliki antarmuka yang cukup sederhana tapi mudah digunakan. Kemampuannya dalam memainkan berbagai format musik juga tak perlu diragukan. Di Ubuntu, instalasi dapat dilakukan dengan perintah berikut:
sudo apt-get install cmus
Lalu jalankan dengan perintah:
cmus

4. Herrie


Namanya paling unik di dalam daftar 5 MP3 player berbasis terminal/console terbaik berbasis terminal ini. Mungkin saja merupakan nama dari sang pembuatnya. Instalasi di Ubuntu:
sudo apt-get install herrie
Untuk menjalankannya eksekusi perintah:
herrie

5. Orpheus


MP3 player terakhir di daftar ini adalah Orpheus. Memiliki tampilan antarmuka yang sederhana namun mudah digunakan. Instalasi di Ubuntu:
sudo apt-get install orpheus
Jalankan di terminal dengan perintah:
orpheus
Mungkin di antara rekan-rekan pembaca Tutorial Ngoprek ada yang punya MP3 Player favorit berbasis console? Beri tahu lewat kolom komentar ya.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: